ADVERTISEMENT

Kisah Pria Terbebas dari Stres Berat Berkat Ternak Ikan Lele di Rumah

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 28 Agu 2022 16:30 WIB
Pria terbebas stres karena ternak ikan lele
Foto: Twitter @TheWeeklyWise
Jakarta -

Seorang pria membagikan kisahnya saat mengalami stres yang berpotensi depresi. Ia bisa terbebas dari perasaan tersebut berkat belajar ternak lele di rumah.

Orang yang mengalami stres apalagi berpotensi depresi harus langsung ditangani oleh profesional. Agar mengetahui cara mengobati yang benar seperti apa.

Seorang pria yang dikenal dengan nama akun Bijaksabara di Twitter mengungkapkan kalau dirinya mengalami stres karena masalah pribadinya. Ditambah saat itu pandemi Covid-19 di Indonesia sangat merajalela.

Bijaksabara sampai membutuhkan pertolongan dari psikolog. Saat mengikuti konseling,ternyata ia didiagnosa ada kecenderungan mengarah ke depresi. Hal yang dialami oleh Bijaksabar membuat turun berat badan secara drastis.

Pria terbebas stres karena ternak ikan lelePria terbebas stres karena ternak ikan lele Foto: Twitter @TheWeeklyWise

Baca Juga: Ngeri! Penjual Nasi Ini Sajikan Olahan Daging Biawak

Sampai akhirnya, ia mengetahui soal ternak ikan lele di rumah. Bijaksabara mengikuti semua tekniknya hingga lele tersebut mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Telah dikonfirmasi oleh detikcom (27/8), kalau kisah ini boleh dibagikan ulang dalam bentuk artikel.

"Waktu itu entah gimana caranya, di timeline Twitter gue lewatlah sebuah twit yang asing banget. Twitnya soal seorang petani yang buka kelas online budidaya lele di rumah. Iseng, gue cek testimoninya. Salah satu testimoni yang gue inget banget adalah chat seorang istri yang berterimakasih sama si petani. Katanya gara-gara kelas ini, suaminya yang tadinya stres dan marah-marah karena PHK zaman covid akhirnya hepi lagi," cuitan Bijaksabara di Twitter.

Bijaksabara tertarik mengikuti pelatihan karena merasa testimoni yang dilontarkan seorang istri itu sama dengan ap yang dialaminya. Akhirnya, ia mengikuti semua tahapannya.

Pria terbebas stres karena ternak ikan lelePria terbebas stres karena ternak ikan lele Foto: Twitter @TheWeeklyWise

Baca Juga: Mie Gacoan Belum Dapat Sertifikasi Halal, Ini Hukum Mengonsumsinya dalam Islam

"Singkat cerita, gue ikutin semua materi dan langkah langkahnya dengan tekun. Gue beli semua perlengkapannya, gue belajar cara treatment airnya, milih benih lelenya, nyiapin pakannya, cara sipon airnya, obat, vitamin, cara ngatasin penyakitnya, dll," ujarnya.

Bijaksabara juga mengungkapkan kalau ternak lele di rumah sangat mudah. Bahkan, ia hanya menggunakan wadah kontainer bekas berukuran 80 liter.

Pria terbebas stres karena ternak ikan lelePria terbebas stres karena ternak ikan lele Foto: Twitter @TheWeeklyWise

Setelah ikan lele yang dipelihara olehnya tumbuh besar, rasa stres dan kekhawatiran lainnya seketika hilang. Bijaksabara merasakan bahagia ketika melihat ikan lele peliharannya itu makan dengan lahap.

"Tiap detik yang gue pikirin adalah gue nggak sabar pengen ngasih makan lele gue. Bayangin gimana bahagianya diri ini ketika liat ikan lele gue yang gue pelihara dari kecil ini makan dengan lahap dan lincah," ungkapnya.

Permasalahan kehidupan tak lagi dipikirkan oleh Bijaksabara sejak itu. Semuanya dialihkan dengan permasalahan yang menimpa ikan lele peliharaannya itu. Sampai 3 bulan berlalu, ikan lele itu sudah berukuran besar dan dapat dipanen.

"Ternyata melihara lele ini bisa beneran jadi penyelamat hidup buat gue pribadi dan jadi satu cerita yang selalu menarik untuk diceritakan," ujar Bijaksabara.

Kisah yang ia bagikan ke Twitter ini langsung mencuri perhatian. Sebanyak 42 ribu pengguna Twitter menyukai utas yang dibagikan oleh Bijaksabara.

"Cara berpikir kamu sama ya kayak nama kamu bijak. Terima kasih sudah bagikan cerita dengan cara sederhana tapi banyak mengandung makna gini," komentar netizen.

"Semangat terus dan selamat sudah melewati masa-masa sulit," sahut netizen lain.

Baca Juga: Inspiratif! Aksi Mulia Warga Masyarakat Bagi Ratusan Porsi Makanan Gratis



Simak Video "Mencicipi Lele Betutu yang Lembut dan Kaya Rempah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT