7 Efek Ini Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Berhenti Minum Kopi

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Efek Ini Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Berhenti Minum Kopi

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 27 Agu 2022 07:30 WIB
7 Efek Ini Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Berhenti Minum Kopi
Foto: Getty Images/PonyWang
Jakarta -

Sebelum berhenti minum kopi sebaiknya kenali dulu efek sampingnya. Jangan sampai terkejut dengan tujuh efek samping yang membuat tubuh tak nyaman ini.

Setelah menjadi penggemar kopi sekian lama, banyak orang yang merasa butuh untuk mengurangi asupan kopinya. Biasanya alasan seseorang berhenti minum kopi disebabkan oleh faktor kesehatan dan yang lainnya.

Ternyata bagi seseorang yang sudah terbiasa minum kopi tidak akan semudah itu untuk lepas dari ketergantungan terhadap kafein dalam kopi. "Salah satu alasan seseorang ketergantungan kopi adalah karena kafein di dalamnya sudah mendarah daging pada tubuh dan kebiasaan hidupnya," ungkap Don Raden selaku ahli di Raden Wellness.

Ada beberapa gejala dan efek samping yang akan dialami ketika mulai mengurangi asupan kafein pada tubuh. Sebelum berhenti minum kopi sebaiknya kenal efek sampingnya terlebih dahulu agar tidak kebingungan dan panik saat merasakan gejalanya.

Berikut ini 7 efek berhenti minum kopi menurut Prevention:

7 Efek Ini Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Berhenti Minum KopiMendadak berhenti minum kopi ternyata dapat membuat tubuh terasa lelah. Foto: Getty Images/PonyWang

1. Mudah lelah

Banyak orang yang mengonsumsi kopi untuk membantu mengatasi rasa lelah dan membangkitkan energi. Akibatnya tubuh akan terbiasa dengan meminum kopi sebagai stimulan untuk memicu energi sebelum beraktivitas.

Dampaknya tubuh akan terasa lebih mudah lelah ketika tidak lagi mendapatkan asupan kafein seperti biasa. Jika ingin mencoba berhenti minum kopi disarankan melakukannya pada waktu-waktu kamu bisa beristirahat cukup.

2. Konstipasi

Selain merasa lebih berenergi, minum kopi juga banyak dipilih sebagai stimulan untuk menimbulkan rasa mulas. Sebagaimana diketahui bahwa kafein dapat memicu pergerakan usus besar lebih aktif sehingga membantu mereka yang sulit untuk buang air besar secara lancar.

Jika tubuh berhenti menerima asupan kafein maka efek tersebut akan ikut menghilang. Usus besar harus tetap bergerak sesuai dengan iramanya sendiri. Maka tak jarang banyak orang yang mengalami konstipasi atau sulit BAB ketika mencoba untuk berhenti konsumsi kopi.

3. Sakit kepala

Selama mengonsumsi kopi ternyata pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak mengalami perubahan. Courtney Scioli selaku ahli gizi terdaftar menyebutkan bahwa kondisi ini terjadi tergantung pada sosok individunya.

Sebenarnya gejala seperti ini bisa diatasi dengan konsumsi suplemen kunyit secara rutin. Walaupun biasa diatasi dan tidak terjadi banyak semua orang tetapi kamu harus bersiap dengan gejala ini.

Efek berhenti minum kopi lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT