ADVERTISEMENT

Nyaris Kena Getok Harga, Turis Ini Diselamatkan Oleh Warga Lokal

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 26 Agu 2022 12:30 WIB
Nyaris Kena Getok Harga, Turis Ini Diselamatkan Oleh Warga Lokal
Foto: TikTok/uncledikk
Jakarta -

Seorang turis hampir mengalami kejadian getok harga yang mengecewakan. Beruntung ada gadis setempat yang mau membantunya.

Liburan ke luar negeri tentunya mengharapkan pengalaman yang baru dan unik. Bertemu banyak orang baru serta kehidupan masyarakat yang baru akan menyenangkan sebagai kenangan berwisata.

Tetapi ketika datang ke sebuah tempat wisata harus tetap berhati-hati dengan aksi orang-orang yang berusaha mencari keuntungan. Biasanya orang-orang yang berlaku curang ini adalah oknum pedagang kaki lima.

Seorang pria yang tengah berkunjung ke India membagikan pengalaman tak menyenangkan yang hampir dialaminya. Beruntungnya ada wanita muda yang saat itu berada di dekatnya sempat menyelamatkannya.

Nyaris Kena Getok Harga, Turis Ini Diselamatkan Oleh Warga LokalSeorang turis Indonesia mengalami getok harga di India. Foto: TikTok/uncledikk

Mengutip akun TikTok @uncledikk (24/8) pria yang dikenal bernama Uncle Dik ini sedang asyik jajan panipuri pada pedagang kaki lima di India. Saat itu dirinya sedang makan bersama dua orang warga setempat lainnya.

Setelah puas makan panipuri, pria ini bertanya jumlah yang harus dibayarkan. Tak disangka penjual panipuri yang tidak bisa berbahasa Inggris dengan lancar justru berusaha menipu pelanggannya dengan getok harga.

"Berapa punya saya? 600 rupee (setara dengan Rp 120.000)? Berapa?" tanya pria tersebut untuk meyakinkan diri.

Di hadapannya terlihat seorang wanita berbaju hitam yang sudah menatap pedagang tersebut dengan sinis karena berusaha menipu pelanggannya. Akhirnya Uncle Dik langsung bertanya kepada wanita itu.

"Tadi dia bilang berapa harga panipuri yang ku makan? Boleh tolong tanyakan berapa yang harus aku bayarkan?" tanya wisatawan tersebut kepada wanita di hadapannya.

Nyaris Kena Getok Harga, Turis Ini Diselamatkan Oleh Warga LokalBeruntung, dirinya diselamatkan oleh seorang warga lokal. Foto: TikTok/uncledikk

Tak disangka wanita itu justru menjelaskan bahwa harga panipuri yang dibayarnya cukup 20 rupee atau setara dengan Rp 4.000. Dikonfirmasi oleh detikcom (25/8) kejadian getok harga ini terjadi di kawasan South Delhi, India.

Saat dilihat oleh detikcom video kejadian getok harga yang dialami wisatawan ini telah dilihat lebih dari 7,5 juta kali. Pada kolom komentar, ribuan netizen menyoroti aksi tak jujur penjual itu.

"Ekspresi mbaknya (wanita yang menolong) langsung kaget pas dibilang Rp 120.00. Setelah dibilang harga yang benar ekspresi penjualnya yang berubah," tulis salah satu netizen.

"Abangnya mau naik haji kali panipuri Rp 4.000 jadi dijual Rp 120.000," sambung netizen lain.

"Prinsip kulineran di India memang seharusnya bayar dulu baru makan agar tidak tertipu," lanjut netizen lainnya.



Simak Video "Jajan Camilan di Pasar Laron, Alun-alun Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT