Tak Hanya Dicelup, Ini 5 Cara Menyeduh Teh yang Gampang Ditiru

ADVERTISEMENT

Tak Hanya Dicelup, Ini 5 Cara Menyeduh Teh yang Gampang Ditiru

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 26 Agu 2022 07:00 WIB
Tak Hanya Dicelup, Ini 5 Cara Menyeduh Teh yang Gampang Ditiru
Foto: Getty Images/4kodiak
Jakarta -

Tidak hanya dicelup, menyeduh teh ternyata juga banyak metodenya. Hampir mirip dengan kopi ada setidaknya lima cara menyeduh teh yang banyak digunakan.

Selama ini cara menyeduh teh yang banyak diketahui misalnya teh celup atau teh tubruk. Ternyata teh bisa diseduh dengan beragam cara mirip seperti penyeduhan kopi yang banyak jenisnya.

Menyeduh teh dengan cara yang tepat akan menghasilkan secangkir teh dengan kualitas terbaik. Metode penyeduhan teh bahkan sudah dipelajari sejak beberapa abad silam.

Penyeduhan teh banyak dilakukan di masa lampau karena teh dianggap sebagai minuman sakral yang membawa kedamaian. Jika ingin mencobanya kamu bisa mencoba beberapa metode menyeduh teh ini.

Berikut ini 5 metode menyeduh teh menurut Patch of Cha:

Tak Hanya Dicelup, Ini 5 Cara Menyeduh Teh yang Gampang DitiruMetode penyeduhan ini sudah digunakan sejak upacara minum teh di China sejak masa lampau. Foto: Getty Images/4kodiak

1. Gong Fu Cha

Metode penyeduhan teh bernama gong fu cha digunakan sebagai salah satu upacara minum teh di China. Pada metode ini penyeduhan teh difokuskan untuk mengekstraksi daun teh pada teko kecil.

Teknik penyeduhan teh yang satu ini bisa dilakukan hanya dalam waktu yang singkat. Biasanya metode ini juga bergantung pada jenis teh yang digunakan bahkan teh yang sudah diseduh masih bisa digunakan hingga sepuluh kali penyeduhan.

Teko sebelumnya akan dipanaskan dengan cara menuangkan air mendidih ke dalamnya, diikuti dengan merendam daun teh dan meniriskan airnya baru kemudian menuangkan air panas untuk merendam tehnya untuk disajikan. Metode ini juga bisa dipelajari langsung di gerai-gerai teh tradisional China.

2. Gaya Barat

Gaya Barat menyeduh teh dikatakan sebagai metode yang paling mudah untuk menyeduh daun teh. Alat yang dibutuhkan hanya berupa teko berukuran besar tanpa alat bantuan lainnya.

Kemudahan pada metode ini membuat banyak orang lebih senang menggunakan metode ini bahkan secara rumahan maupun di kafe-kafe. Pada metode ini teh yang dibutuhkan lebih sedikit tetapi waktu penyeduhannya lebih panjang.

Teh akan dimasukkan ke dalam teko untuk direndam dengan air panas dalam waktu yang cukup panjang. Sayangnya pada metode penyeduhan yang satu ini, daun teh hanya bisa dipakai kembali hingga dua kali penyeduhan saja.

Metode penyeduhan teh lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT