TikToker Ini Dikecam Usai Sebut Dumpling Terbuat dari Daging Tikus

ADVERTISEMENT

TikToker Ini Dikecam Usai Sebut Dumpling Terbuat dari Daging Tikus

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 23 Agu 2022 13:00 WIB
TikToker Ini Dikecam Usai Sebut Dumpling Terbuat dari Daging Tikus
Foto: TikTok @brettconti
Jakarta -

TikToker ini tak menyadari kalimat yang ia lontarkan saat mengulas cita rasa dumpling bisa jadi 'bumerang'. Ia mengatakan dumpling berasal dari daging tikus. Netizen pun geram mendengarnya.

Banyak kreator konten di TikTok mengangkat tema kuliner karena materi ini terbilang populer dan disukai banyak netizen. TikToker bernama Brett Conti pun termasuk yang menyuguhkan konten seperti ini.

Dalam unggahan yang kini telah dihapusnya, Conti menunjukkan bagaimana ia bertahan hidup di New York City saat tak punya uang. Conti sering mampir ke restoran yang jual menu murah meriah.

TikToker Ini Dikecam Usai Sebut Dumpling Terbuat dari Daging TikusTasty Dumpling di New York City menjual dumpling dengan harga terjangkau. Foto: TikTok @brettconti

Restoran itu adalah Tasty Dumpling yang menjual 5 dumpling alias pangsit khas China seharga USD 1 atau sekitar Rp 14.900 saja. "Saya sudah tidak mencicipi hidangan ini selama 6 tahun, jadi ayo kita cicipi bagaimana rasa dumpling ini sekarang," kata Conti di awal video.

Di bagian depan restoran, ia menunjukkan papan nama restoran yang dulunya warna kuning sekarang agak kecokelatan. Conti menyertakan emoji 'menjijikkan' pada tayangan ini.

Ia lalu menunjukkan daftar menu restoran. Ternyata ada kenaikan harga dumpling menjadi USD 2 atau sekitar Rp 30 ribuan sekarang.

TikToker Ini Dikecam Usai Sebut Dumpling Terbuat dari Daging TikusHarga dumpling yang tadinya USD 1 kini jadi USD 2. Foto: TikTok @brettconti

Conti masuk ke restoran dan sempat menyapa pegawai di sana. Ia lantas beli dumpling isi daging babi dan mencicipinya di taman terdekat.

"Sejujurnya, rasanya tidak buruk. Saya dulu dengar kalau dumpling ini dibuat dari daging tikus, tapi rasanya enak," katanya santai seperti dikutip dari Next Shark (20/8). Ia mengatakan ini layaknya seorang pengulas makanan yang sedang menilai cita rasa sebuah hidangan.

Meski videonya sudah dihapus oleh Conti, nyatanya video itu sudah lebih dulu beredar di media sosial. Banyak netizen mengecam kalimat yang diucapkan Conti.

TikToker Ini Dikecam Usai Sebut Dumpling Terbuat dari Daging TikusBrett Conti bilang dulu ia dengar kalau dumpling ini dibuat dengan daging tikus. Foto: TikTok @brettconti

Beberapa dari mereka menyebut kalimat "dumpling terbuat dari daging tikus" adalah bentuk 'casual racism'. Berikut komentar netizen:"Bentuk rasisme kasual saat sedang cicip makanan etnis sebuah negara. Hanya bercanda, dia mungkin dibesarkan seperti itu."

"Dia tahu persis apa yang dia lakukan juga... pertama-tama mungkin ia menyebut (dumpling dibuat dari) daging anjing dan dia seperti tidak, itu terlalu berlebihan."

"Kalian semua masih mendaur ulang lelucon yang sama dari abad ke-19, dapatkan materi baru!!!"

"Orang Amerika tampaknya tidak menyadari bahwa di sebagian besar belahan dunia lainnya, daging mereka dianggap sebagai sampah berisi antibiotik."

TikToker Ini Dikecam Usai Sebut Dumpling Terbuat dari Daging TikusAtas candaan dumpling daging tikus, Conti mengucapkan permintaan maaf. Foto: TikTok @brettconti

Menanggapi hal ini, Brett Conti mengunggah permintaan maaf di TikTok. Ia mengatakan membuat candaan yang tidak tepat.

"Saya seharusnya lebih menyadari dampak dari kalimat yang saya ucapkan. Apa yang saya katakan salah, jadi saya menghapus video itu. Dan saya malu dengan apa yang sudah saya katakan. Tidak ada alasan mengelak dari hal itu dan saya bertanggung jawab akan itu," kata Conti.

Ia juga mengaku sudah menyambangi kembali restoran Tasty Dumpling untuk minta maaf. Setelahnya baru ia meminta maaf pada netizen. Di akhir video ia berjanji hal seperti ini tidak akan terulang lagi.



Simak Video "Sensasi Menikmati Mie Pangsit Ijo di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT