ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Segini Perbandingan Jumlah Kafein pada Kopi dengan 3 Minuman Lain

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 21 Agu 2022 07:00 WIB
Segini Perbandingan Jumlah Kafein pada Kopi dengan 3 Minuman Lain
Foto: Getty Images/iStockphoto/ArturNyk
Jakarta -

Kadar kafein yang tinggi membuat kopi menjadi jawaban untuk mengatasi kantuk. Ternyata kafein pada kopi 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan minuman ini.

Kafein dikenal sebagai komponen alami pada makanan yang dipercaya dapat mengatasi kantuk hingga meningkatkan energi. Jika berbicara tentang kafein, kopi akan menjadi minuman yang langsung terlintas di dalam pikiran.

Saking tingginya kadar kafein dalam kopi, mengusir kantuk dengan cara minum kopi dapat memberikan efek yang instan. Padahal banyak minuman-minuman lain yang ternyata juga mengandung kafein seperti kopi.

Tetapi kadarnya tidak setinggi secangkir kopi yang biasa dinikmati setiap pagi. Jika tak percaya, para ahli telah membandingkan kandungan kafein pada kopi yang sangat tinggi melebihi tiga jenis minuman yang lain.

Berikut ini perbandingan kafein dalam 4 minuman yang dirangkum dari beberapa sumber:

Segini Perbandingan Jumlah Kafein pada Kopi dengan 3 Minuman LainTeh ternyata juga mengandung kafein walaupun kadarnya rendah. Foto: Getty Images/iStockphoto/ArturNyk

1. Teh

Selain kopi, minuman lain yang populer mengandung kafein adalah teh. Seduhan berbagai bahan herbal ini memiliki aroma yang menenangkan serta efek menyegarkan dan membantu memproduksi energi pada tubuh.

Menurut para ahli gizi, kadar kafein di dalam teh dipengaruhi oleh waktu penyeduhan, merek hingga perbandingan antara teh dan airnya. Jenis teh dengan kafein tertinggi dimiliki oleh black tea atau teh hitam yang mencapai 47-90 miligram.

Sementara itu jenis teh dengan kandungan kafein paling rendah dimiliki oleh white tea atau teh putih yang hanya berada pada kadar 6-60 miligram. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2017 silam, teh herbal yang terbuat dari seduhan rempah bahkan memiliki kadar kafein yang jauh lebih rendah lagi.

2. Cokelat panas

Dianggap paling aman dari kafein, ternyata cokelat panas justru mengandung kafein yang lebih tinggi dari segelas teh. Terlebih ketika jenis cokelat yang digunakan menggunakan campuran dark cokelat yang lebih banyak daripada komponen lainnya.

Segelas cokelat panas di kafe dengan ukuran standar 350 militer disebutkan mampu mengandung 25 miligram kafein. Bahkan untuk sebuah merek bubuk cokelat ditemukan 8 miligram kafein dalam takaran 1 sendok makan.

Tetapi ahli gizi menyebutkan bahwa ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kadar kafein dalam segelas cokelat panas ini. Cukup menambahkan lebih banyak susu ke dalam racikannya agar lebih aman untuk dikonsumsi berbagai kalangan usia termasuk anak-anak.

Minuman dengan kadar kafein lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT