ADVERTISEMENT

7 Tips Mudah Berikan Makanan Sehat pada Anak yang Gampang Ditiru

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 20 Agu 2022 05:00 WIB
7 Tips Mudah Berikan Makanan Sehat pada Anak yang Gampang Ditiru
Foto: Getty Images/Morsa Images
Jakarta -

Menyajikan makanan yang bergizi untuk si kecil perlu taktik yang tepat. Agar anak tak pilih-pilih, tips berikan makanan sehat Ini gampang dicontek.

Anak-anak biasanya menolak makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Makanan dengan cita rasa yang gurih atau yang manis menjadi favorit mereka.

Padahal usia pertumbuhannya sedang membutuhkan banyak nutrisi, vitamin dan mineral untuk membantu perkembangan tubuhnya. Sayangnya memberikan makanan yang sehat seolah harus bertarung dengan anak sendiri.

Maka tak heran jika banyak anak yang kurang mendapatkan asupan nutrisi yang baik hingga mereka yang mengalami malnutrisi. Tetapi ibu-ibu tak perlu khawatir, komunitas dokter anak ini memberikan cara cerdas untuk membuat anak doyan makan makanan sehat.

Berikut ini 7 tips yang bisa ditiru agar anak doyan makanan sehat menurut News24 (18/8):

7 Tips Mudah Berikan Makanan Sehat pada Anak yang Gampang DitiruAgar anak tak pemilih, tawarkan menu makanan yang bervariasi. Foto: Getty Images/Morsa Images

1. Tawarkan menu bervariasi

Makanan sehat bukan hanya yang diperkaya dengan sayuran saja. Tetapi juga keragaman variasi makanan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan seluruh vitamin baik makro maupun mikro.

Untuk membuat anak mau makan makanan yang bervariasi, coba untuk mengombinasikan tekstur dan rasanya yang lebih beragam. Membiasakan anak makan makanan yang bervariasi sejak kecil bisa membuat si kecil tak pemilih ketika besar nanti.

2. Berikan makanan berserat

Bagi orang dewasa menambahkan makanan yang tinggi serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, menambahkan energi hingga menjaga kesehatan usus. Hal ini ternyata juga berlaku pada anak-anak.

Membuat anak mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatannya dalam jangka panjang terutama mencegah berbagai penyakit kronis. Ibu-ibu bisa mengkreasikan nasi, gandum atau bahkan oatmeal agar anak doyan makan makanan berserat.

3. Tambahkan kacang-kacangan

Walaupun ukurannya kecil, kacang mengandung protein nabati yang baik serta vitamin dan mineral yang sangat padat. Memberikan asupan kacang-kacangan kepada anak sejak dini juga dapat membantu mencegah obesitas dan berbagai penyakit serius lainnya.

Kacang-kacangan juga bisa dicampurkan ke dalam makanan dengan sangat mudah. Misalnya menambahkan pada menu makanan utama, sup atau bahkan salad sebagai camilan sehat si kecil.

Tips memberikan makanan sehat dengan mudah untuk anak-anak lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT