ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Negara Ini Tercatat Sebagai Penghasil Kopi Terbesar Tahun 2021

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 19 Agu 2022 07:30 WIB
7 Negara Ini Tercatat Sebagai Penghasil Kopi Terbesar Tahun 2021
Foto: Getty Images/iStockphoto/alxpin
Jakarta -

Kopi merupakan salah satu komoditas yang paling banyak diperjual belikan. Tujuh negara di dunia ini bahkan tercatat sebagai produsen kopi terbesar per tahun 2021.

Kopi menjadi salah satu komoditas yang paling laris di pasar internasional. Setiap tahunnya tercatat ada sebanyak 9 miliar kilogram kopi yang diproduksi dan diperjual belikan di seluruh dunia.

Angka ini merupakan gabungan dari biji kopi arabika dan robusta. Produksi kopi tersebut tidak hanya berpusat pada satu tempat atau wilayah saja tetapi merupakan akumulasi dari berbagai negara yang dikenal sebagai penghasil kopi terbaik.

Setidaknya ada tujuh negara sebagai penyumbang biji kopi terbesar di dunia. Dalam tujuh daftar negara teratas ini ada nama Indonesia yang bertengger pada peringkat keempat.

Berikut ini 7 negara dengan produksi biji kopi terbanyak di dunia per tahun 2021:

7 Negara Ini Tercatat Sebagai Penghasil Kopi Terbesar Tahun 2021Brazil mampu memproduksi biji kopi mencapai 3,5 miliar kilogram. Foto: Getty Images/iStockphoto/alxpin

1. Brazil

Menduduki peringkat pertama, negara Brazil dinobatkan sebagai negara produsen biji kopi terbanyak di dunia. Angka yang dihasilkannya dalam pertahun bahkan hampir mencapai dua kali lipat dari negara di peringkat kedua.

Dalam setahun, Brazil mampu memproduksi biji kopi mencapai 3,5 miliar kilogram. Jumlah ini sudah termasuk berbagai biji kopi yang hanya bisa ditemukan di Brazil saja.

2. Vietnam

Sebagai bagian dari benua Asia, Vietnam memang dikenal sebagai negara produsen kopi terbanyak di Asia. Jumlahnya membawa Vietnam mampu menempati urutan produsen kopi terbanyak kedua setelah Brazil.

Perkebunan kopi di Vietnam mampu tumbuh dengan subur berkat bantuan unsur hara tanahnya. Dalam satu tahun, negara Vietnam bisa memproduksi biji kopi hingga 4 miliar kilogram kopi.

3. Kolumbia

Kolumbia memiliki 72% wilayahnya berupa hutan lebat yang subur tanamannya. Termasuk pepohonan kopi yang bisa ditemukan di berbagai sudut wilayah negaranya.

Selama satu tahun, Kolumbia dilaporkan dapat menghasilkan biji kopi sebanyak 1,8 miliar kilogram. Tidak hanya kuantitasnya yang banyak, Kolumbia juga dikenal memiliki kopi dengan kualitas rasa yang terbaik.

Daftar negara dengan produksi biji kopi terbanyak lainnya ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bobon Santoso Kapok Makan Keripik Terpedas di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT