ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Kopi Joss, Racikan Kopi Campur Arang Panas Kebanggaan Orang Jogja

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 14 Agu 2022 06:00 WIB
Fakta kopi joss
Foto: iStock
Jakarta -

Kopi joss, menu kopi unik asal Yogyakarta yang patut dicoba. Keunikannya terdapat pada racikan arang panas yang dimasukkan ke dalam seduhan kopi hitam.

Racikan kopi tradisional Indonesia banyak sekali ragamnya. Salah satu yang unik dan terkenal adalah kopi joss. Racikan kopi ini umumnya ditawarkan oleh angkringan di Yogyakarta.

Kopi joss diracik dari kopi hitam dengan gula dan air panas. Keunikannya, kopi ini dicelupkan potongan arang panas!

Baca Juga: Cuan! Restoran Salt Bae di London Beromzet Rp 124 Milliar dalam 4 Bulan

Fakta kopi jossFakta kopi joss Foto: iStock

Diberikan nama 'joss' karena arang panas yang dicelupkan ke dalam kopi menimbulkan suara 'joss'. Selain varian kopi hitamnya, ada juga kopi susu yang ditambahkan arang panas.

Di Yogyakarta tak sulit mencari racikan kopi joss yang enak. Salah satunya Kopi Joss Lik Man yang tersohor sejak tahun 1968. Satu cangkir kopi joss biasanya dibanderol mulai dari Rp 5 ribu saja.

Mengulik sejarahnya, kopi joss ini ternyata racikan asli dari angkringan Lik Man. Angkringan ini dulunya berlokasi di dekat Stasiun Tugu Yogyakarta, banyak pelanggan yang bekerja sebagai pegawai perkeretaapian.

Baca Juga: Nasi Kuning Bungkus Daun Woka hingga Panada Autentik Buatan Bojak Coffee

Para pelanggan juga kebanyakan berasal dari Jawa Timur dan sering memesan kopi kothok, yaitu kopi jamak khas Jawa Timur. Racikannya dibuat dengan cara merebus kopi, gula dan air secara bersamaan.

Kala itu, Lik Man tidak bisa membuat kopi kothok seperti permintaan pelanggannya, akhirnya Lik Man berinisiatif mencemplungkan arang panas ke dalam kopi. Sejak itulah banyak yang menyukai racikan kopi joss Lik Man.

Lik Man dikenal sebagai sang pelopor kopi joss. Kepopulerannya membuat kopi joss ditiru pedagang lain dan kini dikenal sebagai minuman khas Yogyakarta.

Menurut Speciality Food (13/8), kopi yang dicampurkan arang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Minuman ini bertindak sebagai zat anti-inflamasi dan mengobati masalah pencernaan. Banyak juga yang mengatakan kalau kopi campur arang bagus untuk minuman detoks yang dapat menurunkan berat badan.

Baca Juga: Waroeng Woka: Sedapnya Cakalang Suwir dan Cumi Hitam Khas Manado



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT