ADVERTISEMENT

Cuan! Restoran Salt Bae di London Beromzet Rp 124 Milliar dalam 4 Bulan

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 13 Agu 2022 13:00 WIB
Cuan! Restoran Salt Bae di London Beromzet Rp 124 Milliar dalam 4 Bulan
Foto: My London News
Jakarta -

Penuh pro kontra, restoran steak milik Salt Bae di Inggris ternyata berhasil meraup banyak untung. Dalam waktu empat bulan Salt Bae mengantongi Rp 124 milliar.

Tidak hanya sebagai selebriti chef, Slat Bae kini juga lebih dikenal sebagai pebisnis ulung dengan jejaring restorannya. Puluhan restoran steak miliknya tersebar di banyak negara di dunia.

Restoran steak milik Salt Bae ini juga dikenal menyajikan makanan-makanan berlapis emas dengan harga yang dipatok sangat mahal. Salah satunya yang menjadi andalan yaitu tomahawk steak berlapis lembaran emas 24 karat.

Tetapi restorannya ini juga tidak lepas dari berbagai masalah yang terjadi pada pengelolaan manajemennya. Restoran bernama Nusr Et Steakhouse di Knightsbridge, Inggris dianggap menjadi yang paling menuai kritik.

Cuan! Restoran Salt Bae di London Beromzet Rp 124 Milliar dalam 4 BulanCatatan laporan keunagan restoran Salt Bae di London bocor ke publik. Foto: My London News

Mengutip My London News (10/8) restoran steak milik Salt Bae di London pernah dikritik lantaran tersebarnya upah para pekerja yang hanya dibayar Rp 214.000 per jam kerja atau setara dengan upah minimum saja. Padahal makanan berupa steaknya bisa dipatok mencapai Rp 25 juta dan botol-botol winenya dijual lebih dari Rp 178 juta.

Tetapi pada pekan ini perusahaan Nusret UK Limited mengumumkan sesuatu yang begitu mencengangkan. Jaringan bisnis restoran milik Salt Bae ini melaporkan keuntungan yang tidak main-main besarnya selama empat bulan sejak mereka mulai membuka pintunya untuk pelanggan.

Restoran yang identik dengan steak berlapis emas ini melaporkan pendapatan yang berhasil diraupnya dalam empat bulan mencapai Rp 124 milliar. Pendapatan ini tentunya masih pendapatan kotor di luar kewajiban membayar pajak dan biaya-biaya lainnya.

Setelah dihitung pendapatan bersihnya, hasilnya juga tak kalah mencengangkan. Keuntungan bersih yang dikantongi oleh Salt Bae per empat bulan sejak membuka restoran di Inggris bisa mencapai Rp 4,1 miliar.

Cuan! Restoran Salt Bae di London Beromzet Rp 124 Milliar dalam 4 BulanNusr Et Steakhouse di Knightsbirdge, Inggris meraup untuk Rp 124 miliar dalam waktu empat bulan. Foto: My London News

Setelah laporan keuangan ini dibocorkan, publik justru semakin geram mengingat upah pekerja yang dibayarkan hanyalah upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan upah para pekerja ini dinilai setara dengan harga jagung untuk pendamping makanan di restoran steak ini.

Selain laporan keuangannya yang bocor, informasi tentang pengeluaran restoran Salt Bae untuk bahan bakunya juga diketahui oleh publik. Senilai Rp 5 miliar dihabiskan untuk membeli daging steak yang menjadi menu andalan mereka di sana.

Bukan hanya laporan keuangannya yang bocor, sebelumnya kondisi restoran Salt Bae di dapurnya juga dibocorkan oleh salah satu mantan pekerja. Walaupun tampak seperti restoran yang mewah, nyatanya restoran steak ini memiliki lingkungan yang tidak sehat untuk para pekerjanya.

Mantan pekerja restoran tersebut mengungkapkan bahwa dapur di restoran Salt Bae tidak berbeda dengan dapur-dapur gerai cepat saji seperti McDonald's dan yang lainnya. Bahan-bahan makanan yang dipatok berharga mahal juga disebutkan hanya bahan makanan biasa yang bisa dengan mudah ditemukan di rak-rak toko dan supermarket.



Simak Video "Viral Pedagang Cincau Fasih Bahasa Inggris, Jerman dan Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT