ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Manado

5 Tempat Beli Sambal Roa Kemasan yang Pedas Gurihnya Nendang

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 14 Agu 2022 11:00 WIB
5 Tempat Beli Sambal Roa Kemasan yang Pedas Gurihnya Nendang
Foto: Instagram romajufoods
Jakarta -

Sambal roa, sambal khas Manado yang cita rasanya bikin nagih. Kamu bisa membelinya sebagai stok di toko online. Berikut 5 rekomendasinya.

Selain sambal dabu-dabu, Manado punya sambal khas berupa sambal roa. Sambal ini dibuat dengan campuran ikan roa asap yang dihaluskan.

Ciri khasnya memiliki aroma dan rasa 'smoky' yang khas. Tentu saja dengan paduan rasa pedas cabe khas sambal.

Sambal roa biasa dijadikan cocolan pisang goreng di Manado. Penggunaan lain adalah sebagai pelengkap hidangan utama seperti nasi kuning.

Kalau mau mencicipinya tak perlu repot bikin, kamu bisa membelinya di toko online. Beberapa gerai sambal khusus menghadirkan varian sambal roa.

Ini dia 5 tempat beli sambal roa kemasan via market place:

1. Roa Benaut

5 Tempat Beli Sambal Roa Kemasan yang Pedas Gurihnya NendangFoto: Instagram roabenaut

Laris manis di toko online, Roa Benaut menawarkan sambal roa premium. Taglinenya, minyaknya sedikit, roanya sebukit. Dalam sebotol sambal, Roa Benaut menjamin kandungan minyak dalam sambalnya sedikit dan lebih banyak daging ikan roa-nya.

Ikan roa yang dipakai juga hanya bagian punggung sehingga minim tulang dan duri halus. Sambal roa dibuat tanpa bahan pengawet dan tanpa MSG. Tersedia dalam level sedang dan pedas. Harganya sekitar Rp 30 ribu per botol dan dikirim dari Sidoarjo.

2. Romaju Foods

5 Tempat Beli Sambal Roa Kemasan yang Pedas Gurihnya NendangFoto: Instagram romajufoods

Sambal roa khas Manado juga ditawarkan Romaju Foods. Harganya sekitar Rp 23 ribuan per botol isi bersih 170 gram. Ada pilihan kurang pedas, original pedas, dan extra pedas.

Sambal roa dibuat dari ikan roa asli Manado, minyak, cabai segar, bawang merah, dan rempah lainnya. Minyaknya tergolong sedikit. Sambal ini bisa dimakan langsung, dipanaskan di rice cooker lebih dulu, atau digoreng kembali dengan api kecil selama kurang lebih 1 menit.

3. Sambal Tjap Rawit

5 Tempat Beli Sambal Roa Kemasan yang Pedas Gurihnya NendangFoto: Instagram sambaltjaprawit

Sambal Tjap Rawit menawarkan beberapa varian sambal tradisional, salah satunya sambal roa khas Manado. Harganya berkisar Rp 28 ribuan per botol dengan berat bersih 170 gram.

Sambal roa ini bisa tahan 2 minggu di suhu ruang dan 6 bulan di freezer. Kalau mau menghangatkannya bisa dimasukkan ke dalam rice cooker sekitar 1-2 menit. Sambal roa ini dikirim dari Jakarta Pusat.

4. Mr. Crispy

5 Tempat Beli Sambal Roa Kemasan yang Pedas Gurihnya NendangFoto: Instagram mr.crispyindonesia

Tak kalah laris di market place, Mr. Crispy juga menawarkan sambal roa khas Manado. Harganya sekitar Rp 30 ribu per kemasan. Pengiriman sambal ini dari Jakarta Barat.

Pengemasan sambal dalam wadah berlapis tutup kaleng membuat kesegaran sambal ini terjaga. Selain sambal roa, Mr. Crispy juga punya sambal varian tongkol asap, cakalang asap, dan ikan asin jambal yang tak kalah enak.

5. Seriboe Rempah Nusantara

5 Tempat Beli Sambal Roa Kemasan yang Pedas Gurihnya NendangFoto: Instagram rempahnusantaraid

Satu lagi rekomendasi sambal roa yang bisa dibeli via market place. Seriboe Rempah Nusantara hadirkan sambal ikan roa asap seberat 120 gram. Harganya sekitar Rp 29.500.

Aroma ikan roanya tercium sedap dan ada potongan ikan roa-nya. Paling enak dimakan dengan nasi hangat! Selain sambal roa, di sini juga ada aneka bumbu halus masakan tradisional siap olah.



Simak Video "Nasi Kuning Sambal Roa yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT