ADVERTISEMENT

Cicip Jengkol Pertama Kali, Bule Ini Tegas Bilang: Tidak Suka Jengkol!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 14 Agu 2022 13:00 WIB
Cicip Jengkol Pertama Kali, Bule Ini Tegas Bilang: Tidak Suka Jengkol!
Foto: YouTube Gypsy in Sneakers
Jakarta -

Reaksi dan ekspresi orang asing (bule) saat mencicipi makanan Indonesia selalu menarik disimak. Bule Belanda bernama Susan ini, misalnya, pamer momen cicip jengkol hingga sayur lodeh untuk pertama kalinya.

Banyak orang asing alias bule menggemari makanan Indonesia. Mereka menyukai paduan rempah hingga rasa gurih dan pedas yang khas dari makanan tradisional.

Tak sedikit dari bule yang mau mengeksplor berbagai makanan Indonesia. Mereka juga sering memamerkan momen coba makanan ini untuk pertama kali.

Contohnya Susan, bule Belanda pemilik akun YouTube Gypsy in Sneakers. Ia sering mengunggah konten berbau kuliner Indonesia, termasuk yang berjudul "First Time Trying Jengkol, Pare Telur and Sayur Lodeh" (14/82022).

Susan ditemani sahabatnya, Jill. Mereka yang menetap di Bali ini membeli makanan tradisional ini lewat aplikasi ojek online.

Cicip Jengkol Pertama Kali, Bule Ini Tegas Bilang: Tidak Suka Jengkol!Susan dan Jill cicip ayam geprek dan berakhir menyukainya. Foto: YouTube Gypsy in Sneakers

Mereka pesan ayam geprek, jengkol balado, pare telur, dan sayur lodeh. "Saya belum pernah dengar jengkol balado, tapi sepertinya sangat pedas," komentar Susan begitu melihat seplastik jengkol.

Pertama, mereka cicip ayam geprek yang dilumuri banyak sambal. Wajah Susan seketika memerah dan ia sampai sedikit tersedak akibat pedasnya ayam geprek!

"Ini sangat pedas, tapi rasanya jelas enak," kata Susan. "Rasanya wow! Ini pedas tapi masih bisa ditahan pedasnya," ujar Jill. Mereka kompak memberi skor 8 untuk ayam geprek. "Saya rasa saya bisa makan ini tiap hari," lanjut Jill.

Lanjut cicip jengkol, mereka merasa tampilannya aneh karena mirip sosis dan berminyak. "Saya bahkan tak tahu apa ini. Kelihatannya sangat aneh," kata Jill.

Cicip Jengkol Pertama Kali, Bule Ini Tegas Bilang: Tidak Suka Jengkol!Tampilan jengkol balado yang dicicipi Susan dan Jill. Foto: YouTube Gypsy in Sneakers

Mereka langsung melahap sekeping jengkol! "Apa ini? Rasanya pahit," ujar Jill. Mereka juga langsung menunjukkan ekspresi geli. "After taste-nya sangat buruk," lanjut Susan.

Keduanya bilang sangat tidak suka jengkol. "Saya benar-benar tidak suka. Rasanya seperti difermentasi," kata Susan. Jill bahkan bilang ini makanan dengan rasa teraneh yang pernah ia makan seumur hidupnya!

"Tidak suka jengkol," kata Susan. Ia memberi skor 2 untuk jengkol, sedangkan Jill kasih 1.

Mereka juga mencoba pare telur. Rasa pare yang juga pahit membuat mereka kaget begitu mencicipinya. "Ini juga mengerikan. Pahit. After taste-nya, saya sangat tidak suka," kata Susan dan Jill bersahutan.

Cicip Jengkol Pertama Kali, Bule Ini Tegas Bilang: Tidak Suka Jengkol!Mereka tak tahan rasa pahit pare. Foto: YouTube Gypsy in Sneakers

Keduanya mengaku tak tahan rasa pahit pare yang kuat. "Kalau tidak pahit, sebenarnya enak," sambung Jill. Sedangkan Susan bilang rasa pahit pare seperti tinggal di mulutnya.

Terakhir, mereka mencicipi sayur lodeh. Susan dan Jill bilang tampilannya menarik selera.

Mereka mulai dengan menyantap labu siam. "Sedikit pedas, tapi saya suka," kata Susan. Mereka juga mencicipi buncisnya. Susan bilang rasanya sangat enak dan ia begitu menyukainya.

Cicip Jengkol Pertama Kali, Bule Ini Tegas Bilang: Tidak Suka Jengkol!Sayur lodeh dengan isian buncis dan labu siam jadi favorit Susan dan Jill. Foto: YouTube Gypsy in Sneakers

"Saya sangat suka. Rasa kuah santannya enak," ujar Jill. Ia juga bilang sayur lodeh ini tak pedas meski ada irisan cabenya. Mereka kompak beri nilai 8 untuk sayur lodeh!

Video Susan dan Jill mencicipi jengkol balado hingga sayur lodeh ini sudah ditonton lebih dari 30 ribu kali. Banyak netizen Indonesia memberi komentar berupa penjelasan hidangan-hidangan yang dicicipi keduanya.



Simak Video "Masak Masak: Jengkol Teri Pedas Bebas Bau"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT