ADVERTISEMENT

Viral Netizen Makan Daging Ular, Begini Hukumnya dalam Islam

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 14 Agu 2022 05:00 WIB
Viral Netizen Makan Daging Ular, Begini Hukumnya dalam Islam?
Foto: Getty Images/Rossella De Berti
Jakarta -

Di TikTok viral video beberapa netizen mengonsumsi olahan ular. Hewan berbisa ini dimasak layaknya daging ayam atau sapi. Nah, bagaimana hukum mengonsumsinya dalam Islam?

Ular bukanlah hewan yang umum dikonsumsi. Karenanya ketika seseorang menunjukkan momen makan ular layaknya olahan daging lain, banyak netizen geger.

Mereka mempertanyakan cita rasa daging ular dan proses pengolahannya. Di TikTok pun beberapa kali video netizen makan ular menempati halaman For Your Page (FYP).

Misalnya yang ditunjukkan Devy Wahyuni asal Kalimantan Barat. Ia mengolah ular dengan bumbu rica-rica plus daun kemangi.

Devy mengatakan rasa daging ular enak mirip daging ayam. Adapun jenis yang ia konsumsi adalah ular sawah. Selain dengan bumbu rica-rica, ia suka olahan ular goreng.

Baca Juga: Hii Seram! Wanita Ini Masak Ular Rica-rica dan Sebut Rasanya Enak

Lalu ada Belavia yang juga asal Kalimantan. Ia menikmati olahan ular berkuah santan, mirip opor. Menurutnya, beberapa masyarakat Kalimantan memang terbiasa mengolah ular.

Ia mengatakan tekstur dan rasa daging ular mirip daging hewan lain. "Nah kalau dari rasa lebih mirip daging ikan patin sepertinya, tapi kalau dimasak bambu bisa lebih mirip dengan rasa ayam sih," kata Belva.

Viral Netizen Makan Daging Ular, Begini Hukumnya dalam Islam?Sup ular, hidangan ekstrem yang dikonsumsi beberapa orang di dunia. Foto: Getty Images/Rossella De Berti

Baca Juga: Netizen Doyan Makan Ular, Sebut Kulitnya Enak dan Kenyal Mirip Bakso Aci

Lantas bagaimana hukum mengonsumsi ular dalam Islam? Mengutip LPPOM MUI (27/12/2018), para ulama menjelaskan ular termasuk hewan yang haram dikonsumsi.

"Karena Rasulullah SAW memerintahkan untuk membunuhnya tanpa memberikan keterangan untuk memanfaatkan dagingnya supaya dikonsumsi. Padahal makhluk Allah tidak boleh dibunuh tanpa ada guna dan disia-siakan. Perhatikanlah Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: "Bunuhlah ular." (HR. Bukhari dan Muslim)."

Pihaknya juga menulis, "Ular itu kalau mati, disebut Maytah, dan hukumnya najis. Maka mengkonsumsinya menjadi haram. Juga tidak ada tuntunan syariah dalam menyembelih ular. Dan meskipun disembelih sesuai kaidah syariah, karena ular termasuk hewan yang haram dikonsumsi, maka disembelih ataupun tidak, hukumnya tetap haram."

Kemudian muncul pertanyaan seperti apa hukum mengonsumsi ular untuk keperluan pengobatan? Beberapa orang meyakini makan darah, daging, atau bisa ular mampu atasi masalah kulit, wasir, hingga obati asma.

Viral Netizen Makan Daging Ular, Begini Hukumnya dalam Islam?Islam mengharamkan konsumsi ular, kecuali untuk kondisi darurat demi pengobatan. Foto: Getty Images/Rossella De Berti

Menjelaskan hal ini, LPPOM MUI mengatakan dalam setiap ketentuan umum, selalu ada yang sifatnya khusus. "Maka kalau tidak ada obat yang halal, sedangkan penyakit yang diderita sangat berbahaya, bisa bertambah parah, atau dapat menyebabkan cacat permanen, atau bahkan kematian, maka itu merupakan kondisi darurat," tulisnya.

Untuk darah, meski berasal dari hewan yang halal dimakan sekalipun, konsumsinya tetap haram. Pada kasus darah ular untuk obat, ada beberapa pendapat ulama.

"Ada yang berpendapat dibolehkan kalau tidak ditemukan obat lain sesuai dengan tingkat ekonominya. Misalnya, ada obat, tetapi harganya sangat mahal, sementara orang yang sakit itu miskin, dan tidak mampu untuk membeli obat yang mahal tersebut."

"Di sini ada dua masalah sekaligus yang tak terpisahkan, yang tergabung dengan kondisi darurat yakni kondisi si penderita dalam keadaan kritis, kalau tidak diobati akan terancam keselamatannya, atau penyakitnya bertambah parah, juga tidak ada obat yang halal, atau ada obat tetapi harganya sangat mahal, yang tidak mungkin mampu untuk membelinya. Maka itu termasuk kondisi darurat."

Baca Juga: Jijik! Tamu Ini Temukan Kulit Ular di Kemasan Roti Buatan Hotel


Saksikan juga Sosok Minggu ini: 3 Medali dari Udin Si Tukang Bubur

[Gambas:Video 20detik]



(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT