10 Makanan Menjijikkan Favorit Orang Kaya, Ada dari Indonesia

ADVERTISEMENT

10 Makanan Menjijikkan Favorit Orang Kaya, Ada dari Indonesia

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 12 Agu 2022 19:30 WIB
Escargot
Foto: iStock
Jakarta -

Makanan dengan harga selangit ini banyak disukai orang kaya. Tapi jangan bayangkan tampilannya menggugah selera ya! 10 makanan ini malah menjijikkan dan bisa mengubur selera makan.

Beberapa makanan dijual dengan harga sangat mahal karena keistimewaannya. Hal ini karena proses memasak atau mendapatkan bahan bakunya tergolong sulit.

Tapi meski sudah merogoh kocek dalam untuk mendapatkannya, tak semua makanan mahal punya tampilan menarik selera. Beberapa bahkan disebut menjijikkan karena mengandung kotoran, belatung, hingga air liur!

Bahan-bahan eksotis ini disebut bisa mempengaruhi rasa dan manfaat sebuah makanan mahal. Tak heran kalau banyak orang berduit berlomba-lomba untuk mencicipinya.

Apa saja daftar makanan menjijikkan favorit orang kaya? Berikut detikfood merangkumnya dari Living A Lot (12/8):

1. Sup sarang burung walet

Sup sarang burung walet adalah hidangan populer di China. Meski harganya bisa USD 2.000 (Rp 29,4 juta) per mangkuk, sup ini tetap laris. Harga mahal ini karena proses mendapatkan sarang burung walet tidak mudah dan tergolong lama.

Sup sarang burung dibuat dari air liur burung walet yang sudah dikeringkan beserta potongan sarang burung walet asli. Konon konsumsi sup ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menyembuhkan kanker.

2. Kopi luwak

Ini Daftar 7 Kopi Termahal di Dunia, Ada Kopi Luwak Indonesia!Foto: Wealthy Gorilla

Membicarakan kopi mahal, kopi luwak khas Indonesia kerap masuk daftar. Bagi orang awam, kopi ini tergolong menjijikkan karena berasal dari kotoran hewan luwak.

Para petani kopi akan menunggu kotoran luwak yang terbiasa mengonsumsi biji kopi. Proses ini dianggap sebagai bentuk fermentasi alami. Harga kopi luwak asli bervariasi. Di luar negeri bisa sampai USD 100 (Rp 1,4 juta) per cangkir.

3. Casu marzu

Makanan menjijikkan favorit orang kaya selanjutnya adalah keju. Bukan mozzarella atau gouda, melainkan casu marzu! Keju tradisional dari Sardinia, Italia ini mengandung belatung!

Hewan menjijikkan ini difungsikan untuk memecah lemak dalam proses fermentasi keju sehingga menghasilkan aroma dan rasa tajam. Keju ini tergolong makanan berbahaya, namun tetap jadi buruan di 'black market'.

4. Balut

BalutFoto: Istimewa

Melihat balut sekilas saja sudah bisa bikin kamu bergidik. Balut adalah telur itik atau ayam berisi embrio yang hampir sempurna! Balut lalu direbus dan dimakan.

Balut sangat populer di Filipina dan negara Asia Tenggara lain seperti Kamboja dan Vietnam. Balut konon punya rasa sedikit amis di bagian kuningnya. Sementara jus atau cairan di dalamnya mirip kaldu ayam. Harga balut bisa capai USD 65 (Rp 957 ribu) per kartonnya.

5. Sup kelelawar buah

Jangan keburu jijik! Hidangan sup kelelawar benar-benar ada dan jadi buruan. Harganya bahkan capai USD 400 atau sekitar Rp 5,8 juta. Jenis kelelawar yang dipakai adalah yang pemakan buah.

Kelelawar dimasak dalam kuah santan. Biasanya bagian kulit dan bulunya masih ada sehingga tampilan hidangan ini benar-benar 'menyeramkan'.

Daftar makanan menjijikkan favorit orang kaya lain ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Nggak Ada Lawan! Laksa Kwetiau Ini Creamy Sedap"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT