ADVERTISEMENT

7 Sayur Khas Jawa Ini Ada Sejak 2 Abad Lalu dan Tertulis di Serat Centhini

Tim Detikfood - detikFood
Jumat, 12 Agu 2022 11:00 WIB
Resep Sayur Bobor Bayam Labu Siam
Foto: detikfood/Odilia
Jakarta -

Ternyata sayur bobor hingga gudeg sudah ada sejak 200 tahun silam. Hidangan sayur khas Kota Solo dan Jogja ini tercatat dalam Serat Centhini.

Gudeg, sayur bobor hingga sayur bening merupakan sajian sayur rumahan yang sangat populer. Hampir semua keluarga Jawa punya resep atau racikannya sendiri. Mereka mewarisinya turun temurun.

Fakta lain juga didapatkan dari Serat Centhini yang ditulis pada 1814-1823. Buku panduan soal budaya Jawa ini mencatat beragam hidangan rumahan yang sampai saat ini masih dinikmati.

Serat Centhini

Serat Centhini ditulis atas perintah Adipati Anom Amangkunegara III yang kemudian menjadi raja Keraton Kasunanan Surakarta dengan gelar Sunan Pakubuwono V. Pakubuwono V bertakhta pada 1820-1823.

Terdiri dari 12 jilid, Serat Centhini juga dikenal sebagai Ensiklopedia Kebudayaan Jawa. Sebab, Serat yang disusun oleh tiga tenaga ahli dari Keraton Solo ini meliput berbagai pengetahuan, dari sejarah, geografi, arsitektur, ilmu agama, seni, seksologi, kuliner, dan lain-lain.

Di kalangan akademisi, Serat Centhini sangat populer. Tiap ilmu pengetahuan di dalamnya telah diteliti dengan berbagai teori sampai sekarang.

Kuliner dalam Serat Centhini

Khusus mengenai kuliner, ada beberapa buku dan jurnal yang telah dihasilkan. Salah satunya buku Kuliner Jawa dalam Serat Centhini yang diterbitkan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, pada 2014.

Buku yang ditulis Wahjudi Pantja Sunjata dkk ini meneliti hal ihwal kuliner dalam 12 jilid Serat Centhini yang totalnya terdiri dari 3112 halaman. Hasilnya diketahui ada 117 pupuh dan topik yang khusus membahas kuliner di Jawa.

Dikutip dari detikjateng, dari sekian banyak jenis makanan dan minuman yang disebutkan dalam 117 pupuh itu, setidaknya ada 46 jenis makanan yang masih ada hingga sekarang.

Di dalam buku Kuliner Jawa yang merupakan bagian dari Serat Centhini, berikut 7 sayur tradisional khas Jawa yang masih ada hingga sekarang.

1. Sayur Bobor

Bobor adalah sayur yang terbuat dari bayam, kemangi, pepaya muda atau labu, dengan santan sebagai kuahnya. Adapun bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, daun salam, daun jeruk purut, lengkuas, dan serai.

Dalam Serat Centhini, sayur Bobor termasuk salah satu makanan yang disuguhkan kepada Mas Cebolang dan empat santrinya saat singgah di rumah Pangeran Tembayat. Tembayat kini dikenal sebagai wilayah Kecamatan Bayat di Kabupaten Klaten.

2. Sayur Bening atau Loncom

Sayur ini terbuat dari bayam, jagung manis, dan wortel. Bumbunya bawang merah, garam, gula, dan temu kunci. Seperti namanya, sayur bening hanya menggunakan air yang dicampur bumbu sebagai kuahnya. Sayur ini juga termasuk makanan yang dihidangkan di rumah Pangeran Tembayat.

Lihar daftar masakan sayur khas Jawa yang tercatat di Serat Centhini di halaman berikut ini !



Simak Video "Bikin Laper: Gudeg Jogja di Alam Sutera Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT