ADVERTISEMENT

5 Hidangan Indonesia Ini Diakui Paling Lezat di Dunia

Tim Detikfood - detikFood
Senin, 08 Agu 2022 14:15 WIB
Soto Ayam Bening Segar
Foto: @sotosegerduasaudara
Jakarta -

Selain rendang, ada beberapa masakan Indonesia yang diakui kelezatannya di dunia. Ada nasi kuning, soto ayam, sate hingga mie instan.

Hidangan Indonesia sangat beragam. Ribuan hidangan khas daerah ada di Indonesia. Meskipun popularitasnya belum setinggi hidangan Korea, Jepang atau Thailand yang sudah mendunia.

Meski begitu banyak makanan Indonesia yang masuk ke dalam jajaran hidangan terenak di dunia. Seperti sate khas Indonesia, yang mengalahi yakitori hingga sate kebab. Kemudian ada nasi kuning dengan beragam lauk, yang termasuk ke dalam daftar hidangan nasi paling enak di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima masakan dari Indonesia yang diakui kelezatannya oleh dunia.


1. Nasi Kuning

Dilansir dari situs Foodbeast, ada 20 jenis hidangan nasi dari berbagai negara yang disebut paling enak di dunia. Salah satunya nasi kuning dari Indonesia.

Nasi kuning mampu bersaing dengan Pabellon Criollo dari Venezuella, sampai Paella dari Spanyol. Menurut Foodbeast, yang membuat nasi kuning ini unik terletak pada penggunaan rempah di olahan nasi.

Warna kuning dari kunyit dan tambahan santan membuat rasa nasi menjadi gurih. Ditambah dengan tambahan aneka lauk seperti telur dadar iris, ayam goreng serundeng, teri kacang, sambal, kerupuk hingga lalapan.

Resep Nasi Kuning Banjar dan Haruan HabangNasi Kuning Banjar dan Haruan Habang Foto: detikfood/odilia

2. Soto Ayam

Menempati posisi ke-4 dari 20 hidangan sup terbaik di dunia versi CNN. Soto ayam setara dengan tom yum Thailand, hingga tonkotsu ramen dari Jepang yang sudah terkenal.

Mirip seperti nasi kuning, kelezatan soto ayam terletak pada rempah Indonesia yang khas. Meski masuk ke dalam hidangan yang sederhana, tapi perpaduan antara kunyit, bawang, kapulaga hingga serai mebuat rasa soto menjadi spesial.

Bahkan menurut CNN, soto ayam digemari di Singapura, Malaysia, hingga Amerika Selatan. Di mana resep soto diperkenalkan oleh imigran yang berasal dari tanah Jawa.

3. Sate

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis dan racikan sate masing-masing. Ada Sate Padang, Sate Ponorogo, Sate Solo sampai Sate Madura yang paling terkenal dan mudah ditemui.

Menggunakan daging sapi, kambing atau ayam. Sate-sate ini dipanggang di atas arang, lalu disajikan dengan bumbu kecap, bumbu kacang, atau saus kental kuning untuk sate Padang.

Sate dari Indonesia terpilih sebagai salah satu jenis sate daging terenak di dunia. Mengalahi yakitori dari Jepang, dan sate kebab dari Turki.

Resep Ayam Goreng Jawa Ayam Goreng Jawa Foto: iStock


4. Ayam Goreng

Seperti rendang, ayam goreng juga dipilih sebagai hidangan ayam paling enak di dunia versi situs Taste Atlas. Ayam goreng dari Indonesia disebut memiliki rasa yang unik.

Potongan ayam goreng paha atau dada dimarinasi dengan bumbu ungkep yang meresap hingga ke bagian tulang. Taste Atlas juga menambahkan, rasa enak dari ayam goreng ini tak lepas dari hidangan pelengkapnya.

Seperti sambal, lalapan segar, tahu dan tempe. Tak ketinggalan serundeng dari kelapa gurih, atau kremesan yang dibuat dari tepung beras.

5. Indomie

Indomie berhasil merajai posisi pertama. Sebagai mie instan paling enak di dunia versi LA Times tahun 2021. Selama beberapa tahun terakhir, popularitas Indomie di berbagai negara memang sudah tidak diragukan lagi.

Perwakilan dari LA Times, Lucas Kwan Peterson menjelaskan bahwa dia sudah mencoba 31 jenis mie instan dari berbagai brand. Ia memilih Indomie goreng rasa ayam sebagai yang paling enak.

Bumbu mie nya cukup terasa dengan aroma ayam goreng yang kuat. Rasanya manis gurih, dan sedikit pedas yang membuatnya tidak bisa berhenti menyantap Indomie.

Detikers kamu sering memasak hidangan tradisional sendiri? Resep keluarga sering jadi jagoan untuk disajikan. Selain 5 masakan tersebut jika kamu punya resep-resep masakan tradisional, silakan kirimkan kepada kami. Untuk memeriahkan HUT RI ke-77, ada sejumlah hadiah menarik menanti! Caranya mudah, KLIK DI SINI !



Simak Video "Ini Dia Kuliner Ekstrem Sate Kuda dan Satu-satunya di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT