ADVERTISEMENT

Bangga! 5 Kuliner Indonesia Masuk Daftar 50 Sup Terenak di Dunia

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 11 Agu 2022 15:30 WIB
Resep Gulai Daging dan Kentang
Foto: iStock
Jakarta -

TasteAtlas rutin mengeluarkan daftar peringkat makanan tradisional terenak di dunia. Dari kategori 50 sup terenak di dunia, 5 kuliner Indonesia ini berhasil bersanding dengan hidangan sup lain dari Jepang hingga Polandia.

TasteAtlas, situs wisata dan kuliner asal Kroasia ini fokus mengulas makanan tradisional, resep lokal, hingga restoran autentik di berbagai negara. Sering kali mereka juga mengeluarkan daftar makanan terenak di dunia.

Salah satunya "50 Best Soups" atau "50 Sup Terenak" yang dirilis pada Agustus 2022. Daftar ini merangkum penilaian para pembaca TasteAtlas soal hidangan sup paling enak menurut mereka.

Lima teratas dari daftar ini adalah Khao soi asal Thailand, Lohikeitto asal Finlandia, Cullen Skink asal Skotlandia, ramen Tonkotsu asal Jepang, dan ┼╗urek asal Polandia. Rentang skornya dari 4,7 sampai 4,9.

Bagi netizen Indonesia, daftar 50 sup terenak di dunia ini juga mencuri perhatian. Pasalnya ada 5 kuliner Indonesia yang masuk. Kelimanya adalah:

1. Gulai pada posisi 18 dengan skor 4,5

Dalam situs TasteAtlas, gulai dideskripsikan sebagai 'stew' alias sup kental bercita rasa pedas khas Indonesia. Isiannya bisa berbagai protein hewani maupun sayuran.

"Gulai aslinya dari Sumatera, sebagian besar karena pengaruh kuliner India, tapi kini gulai dinikmati dimana pun di Indonesia," sebut TasteAtlas. Biasanya gulai disandingkan dengan nasi putih hangat.

2. Rawon pada posisi 20 dengan skor 4,5

Rawon. traditional Indonesian beef black soup culinaryFoto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Rawon adalah sup daging khas Surabaya yang kuahnya berwarna hitam karena dibuat dari buah kluwek. "Rempah eksotis Indonesia ini beracun saat mentah, dan harus selalu difermentasi sebelum dikonsumsi," tulis TasteAtlas.

Pihaknya merekomendasikan beberapa rawon enak di Surabaya. Ada Rawon Setan, Warung Sedap Malam, dan Rawon Pak Pangat yang masuk dalam daftar tersebut.

3. Laksa pada posisi 32 dengan skor 4,4

Kemunculan laksa sebagai kuliner Indonesia dalam daftar 50 sup terenak di dunia versi TasteAtlas ini jadi perbincangan netizen Singapura dan Malaysia. Pasalnya hidangan sejenis bernama sama juga ada di negara mereka.

Dalam deskripsinya, TasteAtlas jelas menulis bahwa di 3 negara ini memang ada laksa. Kreasi laksa berbeda di tiap wilayah. Ada yang berbasis asam seperti asam laksa dan ada yang creamy yaitu kari laksa. Tak ketinggalan Penang laksa, Katong laksa, hingga Sarawak laksa.

4. Soto pada posisi 34 dengan skor 4,4

Soto Daging Indonesian Beef Soup, Served on Ceramic bowl with Krupuk Melinjo, Sambal, and LimeFoto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

Soto termasuk kuliner Indonesia yang cukup populer di dunia. TasteAtlas mendeskripsikan soto sebagai hidangan sup yang identik dengan Jawa, meski menu serupa juga ada di Makassar dengan sebutan coto.

Jenis soto yang umum adalah soto betawi, soto ayam coto Makassar, soto lamongan, soto medan, soto padang, soto babat, hingga soto ceker. Adakah favoritmu?

5. Mie kocok pada posisi 45 dengan skor 4,4

Bagi orang Indonesia, mie kocok mungkin lebih cocok disebut sebagai hidangan mie alih-alih jenis sup. Namun karena berkuah, mie kocok juga masuk daftar 50 sup terenak di dunia.

Mie kocok adalah hidangan khas Bandung yang terdiri dari mie kuning tipis dengan paduan irisan daging, kikil, hingga bakso. Ada juga tambahan tauge, daun bawang, dan bawang goreng yang menyempurnakan rasanya.



Simak Video "Bikin Laper : Kriuknya Soto Crispy Bang Aray Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT