Keren! Bandung Peringkat 11 Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik

ADVERTISEMENT

Keren! Bandung Peringkat 11 Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 31 Mei 2022 17:00 WIB
Batagor, the short of Baso Tahu Goreng, is a popular snack in West Java area (Sundanese culture). Dumplings of fish ball, tofu and wonton are fried then topped with spicy peanut sauce and a dash of lime juice. This is the close up view of the dish.
Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008
Jakarta -

TasteAtlas menempatkan Bandung dalam urutan 11 daftar kota dengan makanan tradisional terbaik di dunia. Jajanan berupa batagor hingga serabi begitu direkomendasikan.

TasteAtlas merupakan situs kuliner yang mengulas seputar makanan tradisional, resep lokal, hingga restoran autentik di dunia. Tiap tahun mereka menggelar TasteAtlas Awards yang menarik perhatian foodies.

TasteAtlas Awards 2021 kategori "Best Cities for Traditional Food" belakangan jadi perbincangan warganet dan foodies di Indonesia. Pasalnya, kategori "Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik" itu diisi Bandung pada posisi 11 dari 50 kota di dunia yang meraihnya.

Bandung mendapat bintang 4,39. Posisinya mengalahkan Manila pada posisi 16, Osaka pada posisi 19, Milan pada posisi 32, hingga Sydney pada posisi 42.

Bukan tanpa alasan kota kembang menduduki daftar ini. Makanan tradisional di Bandung dianggap enak dan diberi bintang tinggi oleh para pengguna TasteAtlas.

16 Makanan Tradisional Bandung yang direkomendasikan TasteAtlas

Empuk Manis! Serabi Bandung dengan Kuah Kinca Ada di 5 Tempat IniSerabi, salah satu makanan Bandung yang direkomendasikan TasteAtlas. Foto: iStock

Melihat situs TasteAtlas, ada 16 makanan tradisional Bandung yang direkomendasikan karena dapat penilaian bintang tinggi. Skalanya 1-5, dengan perolehan 4,5 untuk batagor.

Batagor dideskripsikan sebagai salah satu camilan paling populer di Indonesia. Berupa pangsit ikan yang disajikan dengan saus kacang pedas. Batagor juga disebut berasal dari tradisi kuliner China yang kemudian mengalami dikenal luas di Indonesia.

Batagor yang disebut enak adalah Batagor Kingsley. Disusul dengan Batagor Abuy, Batagor Darto, Batagor Yunus, dan Batagor Riri Bandung.

Selain batagor, serabi juga dapat bintang tinggi yaitu 4,6. TasteAtlas menjelaskan serabi adalah pancake mungil khas Indonesia yang dibuat dari tepung beras dan diberi saus santan.

Salah satu serabi yang paling direkomendasikan adalah Surabi Chapit di Jalan Cihapit. Serabi di sini tersedia dalam pilihan rasa manis dan gurih. Ada serabi cokelat, serabi kinca, hingga serabi oncom spesial.

Ketiga, ada nasi kuning yang dapat bintang 4,3. Nasi kuning di Bandung yang masuk rekomendasi TasteAtlas adalah Nasi Kuning Pasir Koja, Nasi Kuning Sumur Bandung, hingga Nasi Kuning Pungkur.

Untuk Nasi Kuning Pasir Koja merupakan kuliner malam yang laris manis di kota kembang. Nasi kuning di sini disukai karena pilihan lauknya banyak. Mulai dari telur, tahu, rendang jengkol, hingga rendang sapi.

Lalu TasteAtlas juga mencantumkan makanan tradisional Bandung lain yang layak dicoba. Makanan itu adalah cireng, siomay, mie kocok, cilok, perkedel, bakwan, bakso, bakso goreng, karedok, lemper, kripik, kupat tahu, dan soto Bandung.

Rekomendasi tempat makan tradisional di Bandung versi TasteAtlas ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bakmi Tjokin, Bakmi Hits Bandung yang Tawarkan Yamin Asin-Manis"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT