ADVERTISEMENT

7 Kue Terenak di Dunia Versi TasteAtlas, Ada Kue Putu Indonesia

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 14 Jul 2022 16:00 WIB
Netizen Bagikan Kisa Penjual Kue Putu Diduga Intel
Foto: Stock
Jakarta -

Kue putu jadi perbincangan karena berhasil masuk daftar kue terenak di dunia versi TasteAtlas. Di peringkat 7 teratas, kue-kue ini jadi juaranya.

Segala hal yang menyangkut pengakuan akan kelezatan makanan Indonesia di dunia selalu bikin bangga. Pasalnya ada banyak makanan khas daerah atau makanan tradisional yang dinilai layak mendapatkan itu.

Baru-baru ini kue putu menorehkan prestasi. Kue tradisional ini berhasil masuk daftar 50 kue terenak di dunia versi TasteAtlas

Taste Atlas sendiri merupakan situs wisata dan kuliner yang mengulas seputar makanan tradisional, resep lokal, hingga restoran autentik di dunia. Situs asal Kroasia ini juga memasukkan banyak konten seputar kuliner Indonesia.

Daftar kue terenak di dunia versi TasteAtlas, ada kue putu dari IndonesiaDaftar kue terenak di dunia versi TasteAtlas, ada kue putu dari Indonesia Foto: Instagram thetasteatlas

Melalu Instagram (6/7), TasteAtlas mengunggah daftar 50 Best Cakes yang sudah diperbarui pada Juli 2022. "Peringkat kue dunia menurut penilaian pengguna TasteAtlas, pembaruan terakhir. Pendapat?" kata mereka.

Terlihat kue putu berada di posisi 45 dari 50 kue terenak di dunia. Poin yang didapat 4,21. Kue putu berhasil mengalahkan kue kasutera dari Jepang hingga St. Honoré Cake dari Prancis.

Jajanan Singapura Putu Piring Mirip Kue Putu dari IndonesiaKue putu, kue tradisional Indonesia yang masuk daftar kue terenak di dunia versi TasteAtlas. Foto: Getty Images/iStockphoto

Dalam situs TasteAtlas, kue putu juga masuk dalam daftar 100 Most Popular Indonesian Dishes, 100 Most Popular Cakes in the World, 10 Most Popular Traditional Cake Recipes, hingga 10 Most Popular Cakes With Nuts.

Kue putu dideskripsikan sebagai kue yang dijual oleh penjaja kaki lima dengan cara dikukus. Bahan utamanya tepung beras yang diberi warna dan aroma pasta daun pandan.

Di dalamnya berisi gula merah. Secara tradisional kue putu dikukus dalam 'tabung' berupa bambu.

"Setelah dikukus, kue ini biasanya ditaburi parutan kelapa segar. Kue putu dan varietas serupa dari camilan berwarna hijau yang enak ini juga ditemukan di Malaysia dan Filipina, dan beberapa percaya bahwa mereka mungkin terinspirasi oleh puttu-camilan serupa yang berasal dari India," tulis TasteAtlas.

Lalu kue apa saja yang ada di posisi 7 teratas? Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT