10 Fakta Makanan Menarik, Benarkah Permen Karet Baru Bisa Tercerna 7 Tahun?

ADVERTISEMENT

10 Fakta Makanan Menarik, Benarkah Permen Karet Baru Bisa Tercerna 7 Tahun?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 09 Agu 2022 13:00 WIB
Trendy asian girls making video story for social network app outdoor - Young women friends having fun making live feed - New technology trends and friendship concept - Focus on person blowing
Foto: iStock

6. Mana yang benar, doughnut atau donut?

American Donat yang dijual di PRJ viral di kalangan masyarakat. Pasalnya donat ini hanya dijual di PRJ dan sudah ada sejak 54 tahun yang lalu. Penasaran?Foto: Sonia Basoni/detikcom

Penamaan dan pelafalan makanan yang benar juga penting disimak. Untuk pencinta donat, makanan favoritmu mungkin ditulis 'doughnut' atau 'donut' dalam bahasa Inggris. Mana yang benar?

Kamus Merriam-Webster mengatakan keduanya sama-sama ada di dalam kamus, namun kata 'donut' tak sepopuler 'doughnut' di Amerika Serikat. Kata "donut" muncul sebagai ejaan sederhana berbasis fonetik pada abad ke-20.

7. Apa warna biskuit Oreo yang sebenarnya?

Membicarakan Oreo, pasti akan teringat biskuitnya yang berwarna hitam, lengkap dengan ukiran tulisan Oreo di atasnya. Tapi saat diperhatikan lebih lanjut, biskuit Oreo tak sepenuhnya berwarna hitam.

Dari sudut pandang berbeda, biskuit ini bisa terlihat cokelat gelap. Mengenai hal ini, perusahaan produsen Oreo yaitu Nabisco tak punya jawaban. Mereka belum menetapkan warna apakah biskuit Oreo sebenarnya.

8. Kenapa ada huruf M di permen M&M's?

Permen M&M's adalah permen cokelat yang identik dengan warna-warni cerah. Lalu ada juga penanda khas, cap huruf 'm' di tiap butir permen. Mengapa hal ini dilakukan?

Semua karena munculnya banyak pesaing setelah permen M&M's resmi diluncurkan tahun 1940. Pesaing tersebut memproduksi jenis permen yang sama. Untuk menjadi beda, M&M's menambahkan cap huruf 'm' kemudian datang dengan slogan "Carilah huruf m di setiap keping cokelat."

9. Kenapa permen Hershey's berbentuk kerucut punya kertas di atasnya?

Selain M&M's, permen cokelat Hershey's juga ikonik dengan balutan kertas sejenis aluminium foil berwarna cerah. Di atasnya juga disertakan lembaran kertas bertuliskan 'Hershey's'.

Sebenarnya kertas itu bukan sekadar kertas, melainkan sebagai ciri khas Hershey's sekaligus cara termudah dan tercepat untuk membuka bungkus permen cokelat kecil ini.

10. Apakah French fries dari Prancis (French)?

Frozen potatoes in a bowl, French fries, canned food. White background. Top view.Foto: Getty Images/iStockphoto/Vladimir Mironov

French fries alias kentang goreng selalu ada dalam daftar menu restoran fast food. Dinamakan 'French', apakah hidangan ini berasal dari Prancis? Ternyata tidak sepenuhnya.

French fries disebut-sebut aslinya dari Belgia, dimana orang-orang di sana dulu lebih memilih menggoreng ikan alih-alih ikan pada saat musim dingin. Lalu ada juga yang bilang French fries mungkin asli Prancis karena dulu penjual makanan kaki lima menjajakannya pada abad 18. Kemudian muncul bangsa Spanyol yang juga mengklaim kentang goreng berasa dari negaranya karena merekalah orang Eropa pertama yang menemukan kentang.


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT