ADVERTISEMENT

Diciptakan Tahun 1940, Ini Perjalanan Mie Instan Cup Hingga Mendunia

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 06 Agu 2022 15:00 WIB
Diciptakan Tahun 1940, Ini Perjalanan Mie Instan Cup Hingga Mendunia
Foto: Cracked
Jakarta -

Bukan baru muncul akhir-akhir ini, mie cup ternyata sudah ada sejak 82 tahun silam. Berawal dari seorang pria asal Jepang, begini perjalanan panjang mie cup.

Mie instan seolah selalu menjadi alternatif yang tepat saat merasa lapar dan ingin makanan yang enak juga cepat. Mie instan ternyata telah melalui perjalanan panjang hingga lebih dari 8 dekade.

Mie instan yang kini dikenal sebagai makanan murah meriah dan sahabat anak kos ini menyimpan sejarah yang panjang dalam perkembangannya. Sejak awal kemunculannya ternyata mie instan juga mengalami evolusi.

Mulai dari pertama kali diciptakan hingga akhirnya makanan khas Asia dan populer di Amerika Serikat. Perjalanan panjang mie instan menginvasi dunia ini menarik untuk disimak terutama bagi penggemarnya.

Diciptakan Tahun 1940, Ini Perjalanan Mie Instan Cup Hingga MenduniaMuncul di tahun 1945, mie instan cup pertama kali ditemukan oleh Momofuku Ando asal Jepang. Foto: Cracked

1. Muncul di Tahun 1945

Konon mie instan pertama kali dicetuskan melalui ide seorang pria bernama Momofuku Ando. Pria ini juga disebut-sebut sebagai pendiri perusahaan Nissin yang menjadi produsen mie instan pertama di dunia.

Inspirasi Ando ini muncul ketika Perang Dunia Kedua, dirinya melihat antrean yang mengular di kawasan Osaka untuk mendapatkan semangkuk ramen. Melihat kesulitan yang dialami masyarakat pada saat itu, Ando berpikir untuk menciptakan sesuatu yang lebih mudah, sederhana dan murah harganya.

Uniknya, nama Ando ini justru tidak dikenal di daratan Eropa. Dirinya menggunakan nama lain yaitu David Chang untuk memperkenalkan diri sebagai pemilik ide mie instan pada tahun 1945.

2. Produksi pertama Momofuku Ando

Setelah mendapatkan inspirasi itu, Ando ternyata tidak langsung membuat mie instan pada tahun yang sama. Ia saat itu sedang bekerja sebagai manajer bank dan memiliki keluarga yang rukun dengan pendapatan yang cukup besar.

Tetapi rasa penasarannya membuat Ando akhirnya mengambil langkah lanjutan terhadap idenya itu. Hingga pada tahun 1957, bank tempat dirinya bekerja bangkrut dan memberikan Ando lebih banyak waktu luang.

Waktu luangnya ini dimanfaatkan untuk mulai mengembangkan bisnis yang idenya datang sejak beberapa tahun yang lalu. Ide mie instan yang cepat, enak dan murah harganya ini akhirnya mulai tercipta setelah frustasi mencari cara yang tepat untuk mengawetkan mie instan.

3. Munculnya Mie Instan 1958

Berdasarkan eksperimen tersebut, akhirnya Ando menemukan sebuah mie instan yang dinamakan Chikin Ramen. Mie instan ini kemudian diproduksi lebih besar dibawah naungan sebuah perusahaan bernama Nissin.

Ternyata pada awalnya kemunculannya ini, mie instan Ando justru tidak dijual dengan harga murah seperti idenya sejak awal. Harga Chikin Ramen konon jauh lebih mahal dibandingkan gerai ramen lokal yang banyak ditemukan di Jepang.

Alasan mie instan buatannya dipatok dengan harga mahal ternyata karena masyarakat Jepang bersedia untuk membayar mahal demi sebuah hidangan premium yang sederhana dan cepat. Tidak disangka produk pertamanya ini populer di pasaran dan mendatangkan untuk yang besar.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT