ADVERTISEMENT

Minuman Kelapa Kekinian

Ini 5 Manfaat yang Didapatkan Jika Rutin Minum Air Kelapa

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 04 Agu 2022 10:30 WIB
Manfaat air kelapa
Foto: iStock
Jakarta -

Dalam beberapa tahun terakhir, air kelapa telah menjadi minuman populer. Di balik kesegarannya, air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan.

Air kelapa adalah cairan yang ditemukan di dalam buah kelapa. Air kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 240 ml air kelapa mengandung karbohidrat 15 gram.

Selain itu, kandungan kalsium dan magnesiumnya mencapai 4% dan potasium sebanyak 15%. Karenanya, minum air kelapa bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat air kelapa:

1. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat air kelapaManfaat air kelapa dapat mencegah radikal bebas. Foto: iStock

Air kelapa mengandung antioksidan yang berperan untuk mencegah radikal bebas. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian yang telah melakukan eksperimen pada hewan.

Salah satunya dalam studi yang dilakukan pada 2012. Peneliti melakukan penelitian pada tikus dan ditemukan bahwa tikus yang diet tinggi fruktosa mengalami penurunan radikal bebas.

Kondisi itu itu juga diikuti tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin. Namun, belum ada penelitian mengenai manfaat air kelapa mengatasi radikal bebas pada manusia.

Baca Juga: Minuman Kelapa Jadi Tren, Dicampur Es Krim hingga Susu

2. Menurunkan Gula Darah

Penelitian lain menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan. Peneliti ini juga bereksperimen pada hewan.

Menurut studi yang dilakukan pada 2015, tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, ini menunjukkan kontrol gula darah dalam jangka panjang.

Selain itu, air kelapa ada sumber magnesium yang baik sehingga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.



Simak Video "Campuran Air Kelapa dan Garam Diklaim Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT