10 Fakta Makanan Menarik, Benarkah Permen Karet Baru Bisa Tercerna 7 Tahun?

ADVERTISEMENT

10 Fakta Makanan Menarik, Benarkah Permen Karet Baru Bisa Tercerna 7 Tahun?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 09 Agu 2022 13:00 WIB
Trendy asian girls making video story for social network app outdoor - Young women friends having fun making live feed - New technology trends and friendship concept - Focus on person blowing
Foto: iStock
Jakarta -

Makanan punya banyak fakta menarik untuk dikupas tuntas. Misalnya tentang cara membuat, kemasan, asal-usul, dan fakta konsumsinya.

Seperti fakta menarik tentang 10 makanan cepat saji (fast food) ini. Dari berbagai merek dan produk yang ada di pasaran, ternyata tiap produk ini punya sisi berbeda untuk dibahas.

Seperti apa faktanya? Berikut detikfood merangkumnya dari The Daily Meal (10/9/2021):

1. Berapa kali harus jilat lolipop agar sampai ke tengah?

Permen lolipop berbentuk bulat dengan stik berwarna putih di tengahnya. Saat menikmati lolipop, banyak orang bertanya-tanya, harus berapa kali menjilati permen ini agar sampai bagian tengahnya?

Ada beberapa eksperimen yang dilakukan untuk menjawab 'misteri' ini. Salah satunya dilakukan mahasiswa teknik di Purdue University. Mereka membuat mesin penjilat dimana terungkap butuh 364 kali agar lolipop terlihat tengahnya, tapi mahasiswa yang sukarela mengikuti eksperimen ini menemukan hanya butuh 252 kali. Lalu ada temuan dari Universitas Michigan lewat mesin penjilatnya. Mereka bilang butuh 411 kali jilatan. Karenanya sampai sekarang pertanyaan di atas belum terjawab pasti.

2. Bagaimana gulali bisa mengembang?

Gulali isi es krim dan marshmallowFoto: TikTok @icynspicymiami

Saat gulali dibuat, banyak orang senang melihatnya. Pasalnya dari taburan gula pasir berwarna bisa berubah menjadi permen yang mengembang layaknya kapas! Teksturnya bakal kempes dan meleleh saat digigit.

Gulali bisa mengembang karena adanya gaya sentrifugal dalam proses pembuatannya. Proses ini melibatkan putaran mesin yang begitu cepat. Mesin ini melelehkan gula menjadi cairan panas. Ketika cairan keluar dari lubang-lubang kecil di mesin, gula itu dibentuk memutar, diangin-anginkan hingga dingin, mengeras, dan jadi serat seperti kapas.

3. Bagaimana Jelly Belly menemukan rasa muntah?

Permen Jelly Belly asal Illinois, Amerika Serikat begitu mendunia karena tampilan dan pilihan rasanya. Permen warna-warni ini kerap diproduksi dalam rasa tak biasa, salah satunya muntah! Bagaimana proses penemuan rasa ini?

Dalam sebuah wawancara, manajer penelitian dan pengembangan Jelly Belly bernama Ambrose Lee mengungkapnya. Ia bilang dulu ingin bikin jelly belly rasa pizza, tapi tidak bisa menemukan formula yang tepat. Kesalahan formula itulah yang dipakai untuk membuat Jelly Belly rasa muntah.

4. Kenapa tekstur permen karet tidak rusak meski sudah banyak dikunyah?

permen karetFoto: iStock

Bukan rahasia lagi jika permen karet tak akan rusak teksturnya meski sudah dikunyah dan berusaha dirobek di mulut. Ternyata hal ini karena bahan pembuatan permen karet menggunakan resin sintetis selain bahan perasa dan pemanis.

Lalu ada anggapan soal permen karet baru selesai tercerna selama 7 tahun. Benarkah? Jawabannya tidak. Apapun bahan yang tercerna di dalam perut, selama tidak tajam dan runcing akan berhasil melalui sistem pencernaan meski mungkin tidak akan tercerna sempurna.

5. Apakah hot dog termasuk sandwich?

Jadi pertanyaan banyak orang, apakah hot dog termasuk sandwich? Jawabannya adalah iya, meski tampilannya tak seperti sandwich kebanyakan.

Kamus Merriam-Webster mendefinisikan sandwich sebagai "dua atau lebih irisan roti atau split roll (roti gulung) dengan isian di antaranya." Untuk hot dog sendiri termasuk kategori split roll.

Baca lagi fakta menarik soal makanan di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT