ADVERTISEMENT

Kreatif! Chef Ini Bikin Kue Apem Bentuk Unik Langsung di Atas Wajan

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 08 Agu 2022 08:00 WIB
Chef kreasikan kue apem menjadi bentuk unik.
Foto: Twitter @hvgoenka
Jakarta -

Seorang chef di India mengubah tampilan kue tradisional menjadi lebih menarik. Dalam sebuah video, terlihat bahwa chef ini mengubah kue apem menjadi bentuk hati hingga bintang.

Banyak hal yang bisa dikreasikan dengan makanan. Makanan bisa diolah menjadi campuran rasa baru hingga memiliki bentuk baru.

Tak hanya makanan modern, bahkan makanan tradisional juga bisa diolah menjadi bentuk yang lebih menarik seperti yang dilakukan oleh chef ini.

Seorang chef asal India baru-baru ini viral setelah unggahan videonya tersebar di internet. Melansir firstpost.com (01/08), dalam video Twitter @hvgoenka, terlihat seorang chef sedang membuat kue tradisional appam dengan bentuk yang tidak sederhana.

Klip video itu diberi keterangan, "Ketika kue apem yang sederhana diubah menjadi sebuah seni." Chef bernama Harsh Goenka ini tampak sedang menaruh adonan apem dalam wajan. Sementara ada banyak apem yang sudah jadi ditaruh diatas daun pisang.

Biasanya kue apem hanya berbentuk bulat, tetapi chef ini mengkreasikan apem dengan bentuk bentuk unik seperti bentuk apel, bintang, hingga cumi.

Chef kreasikan kue apem menjadi bentuk unik.Biasanya kue apem hanya berbentuk bulat, tetapi chef ini mengkreasikan apem dengan bentuk bentuk unik seperti bentuk apel, bintang, hingga cumi. Foto: Twitter @hvgoenka

Jika dilihat sekilas, banyak orang mungkin berpikir bahwa bentuk ini dibuat dengan cara yang rumit. Ternyata tidak sama sekali.

Dalam membuat bentuk-bentuk lucu ini, chef Goenka hanya menuangkan adonan ke wajan seperti membuat kue apem pada umumnya.

Yang menjadi pembeda, ketika adonan tersebut dituangkan, Chef Goenka langsung menggoyangkan wajan ke beberapa arah agar adonan yang berkumpul di tengah bisa berubah menjadi bentuk lain.

Chef kreasikan kue apem menjadi bentuk unik.Dalam membuat bentuk-bentuk lucu ini, chef Goenka hanya menuangkan adonan ke wajan seperti membuat kue apem pada umumnya. Foto: Twitter @hvgoenka

Video yang diunggah pada (30/07) itu sejauh ini sudah mendapat 45 ribu penonton. Kreasi unik kue apem milik chef Goenka ini pun lantas mendapat pujian dari banyak netizen.

Seorang netizen mengungkapkan bahwa sebelumnya dia pernah membuat kue apem selama 3 atau 4 kali tapi selalu hancur karena gosong atau terlalu banyak menuangkan adonan. Netizen ini kagum dengan konsistensi adonan yang dibuat oleh chef ini.

"Minggu lalu aku membuat 3 atau 4 appam dan semuanya hancur karena gosong dan terlalu banyak menuangkan adonan. Saya suka melihat bagaimana chef membuat appam sempurna dengan konsistensi yang tepat," komentar netizen.

Sementara netizen lain juga mengungkap, " Ini sangat menakjubkan. Pagi ini saya membuat sarapan dengan bentuk yang sederhana. Sangat ingin melihat bentuk yang mewah di piring saya nantinya,"

Jika dilihat dalam video, kue apem khas India itu tampak seperti kue apem selong khas Indonesia yang sama-sama dibuat dari tepung beras dengan rasa asin dan dibentuk menjadi tipis renyah.

Memang bentuk dan cara memasaknya hampir mirip, tetapi terdapat sedikit perbedaan antara keduanya. Sebagai informasi, kue apam yang populer di Sri Lanka dan India biasanya dimakan selayaknya nasi yang dipasangkan bersama sayuran dan lauk lain.

Sementara kue apem selong Indonesia dimakan langsung tanpa tambahan pelengkap apapun. Tetapi kue ini bisa dinikmati menjadi teman minum teh atau kopi.



Simak Video "Bikin Laper: Malatang Hotpot yang Nikmat dan Menghangatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT