Seniman Ini Jual Karya Seni Acar Nempel di Atap, Harganya Rp 94 Juta!

ADVERTISEMENT

Seniman Ini Jual Karya Seni Acar Nempel di Atap, Harganya Rp 94 Juta!

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 04 Agu 2022 13:00 WIB
Seniman jual acar yang biasa berada di dalam burger McDonalds seharga Rp 94 juta!
Foto: Getty Images
Jakarta -

Siapa sangka acar pada burger McDonald's bisa diubah menjadi karya seni? Seperti seniman ini yang mengubah pelengkap burger itu jadi karya seni seharga Rp 94 juta!

Seorang seniman bisa menciptakan suatu karya dari apa saja, termasuk makanan. Ide kreatif yang dimilikinya itu telah membuat kreasi yang tidak banyak dipikirkan oleh orang lain. Seperti apa yang dilakukan oleh seniman ini.

Seniman Australia ini menjual 'Seni Patung' yang tidak biasa. Patung yang dibuatnya itu memiliki bentuk yang aneh. Melansir indy100.com (29/07), Matthew Griffin telah membuat karya yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya.

Dalam unggahan akun Instagram @fineartsydney, terlihat bahwa di atas atap atau langit-langit ruangan terdapat benda kecil bulat. Jika dilihat lebih seksama, ternyata itu adalah karya seni yang diambil dari acar dalam burger keju milik McDonald's.

Seniman jual acar yang biasa berada di dalam burger McDonald's seharga Rp 94 juta!Seniman jual acar yang biasa berada di dalam burger McDonald's seharga Rp 94 juta! Foto: Instagram @fineartssydney

Mungkin burger atau kentang McDonald's dianggap menjadi inspirasi yang sudah biasa. Tetapi tidak dengan acar burger McDonald's itu.

Karya seni milik seniman Matthew Griffin ini sedang dipamerkan dalam Galeri The Michael Lett di Auckland, Selandia Baru. Ini merupakan salah satu dari empat karyanya yang dipamerkan.

Jika dilihat, acar di atas langit-langit itu terlihat biasa saja. Tidak ada unsur yang menarik.

Seniman jual acar yang biasa berada di dalam burger McDonald's seharga Rp 94 juta!Jika dilihat, acar di atas langit-langit itu terlihat biasa saja. Tidak ada unsur yang menarik. Foto: Instagram @fineartssydney

Namun nyatanya bagi para pencinta seni, ini mungkin menjadi karya seni yang sangat berbeda. Bahkan seniman Matthew Griffin menjual karya seni yang disebut 'pickle' ini dengan harga £5.179 atau sekitar Rp 94 juta.

Banyak orang menganggap bahwa seni ini lucu. Ryan Moore selaku direktur seni rupa, Sydney, yang mewakili Griffin pun mengakuinya. Ryan mengungkap bahwa banyak respon humor terhadap karya seni itu yang tidak valid, tetapi itu wajar karena memang hasil karyanya yang lucu.

Ryan juga mengatakan bahwa banyak orang yang bertanya dimana unsur nilai dan makna dari karya seni acar McDonald's itu.

Tetapi Ryan Moore mengungkap bahwa dia tidak terganggu dengan apa yang dianggap seni atau tidak. Sehingga jika orang awam yang tidak bisa mengartikan itu suatu kesenian, ini bukan menjadi masalah bagi seniman itu.

"Meskipun ini terlihat seperti acar yang menempel di langit-langit dan tidak ada nilai kecerdasan di sana, itu memang apa adanya. Sebagai patung atau gerakan patung, ada suatu pertemuan disana," ungkap Ryan Moore selaku perwakilan seniman Matthew Griffin.

Ternyata ada bonus lain yang didapat jika seseorang membeli karya seni acar ini. Jika seni 'Pickle' McDonald's itu terjual, maka penggemar acar akan diberi petunjuk tentang cara membuat daur ulang acar di rumah, yang kemungkinan besar tidak akan sulit untuk diikuti.

Fine art atau seni murni memang dibuat untuk mengekspresikan nilai budaya dan keindahan. Tujuannya biasanya memang hanya sebagai hiasan. Mungkin jika seseorang membeli karya seni acar ini, mereka bisa menggunakannya sebagai hiasan tambahan di rumah.



Simak Video "McDonald's di Rusia Bakal Ganti Nama"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT