ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Racikan Kopi yang Unik Rasanya di Berbagai Negara

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 08 Agu 2022 07:30 WIB
7 Racikan Kopi yang Unik Rasanya di Berbagai Negara
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ada banyak racikan kopi yang unik rasanya. Kopi dicampur dengan bahan-bahan yang membuat rasa kopi makin spesial. Ini 7 si antaranya!

Kopi semakin banyak digemari oleh banyak orang. Bukan hanya karena manfaatnya, tetapi juga karena sensasi minum yang nikmat.

Kebanyakan orang mungkin memilih racikan kopi yang normal saja. Tetapi ternyata banyak negara yang memiliki racikan kopi yang unik.

Tak hanya berbahan espresso saja. Ada beragam kopi yang diracik dari biji kopi dari lesehan monyet, diseduh dengan nitrogen atau dicampur keju hingga alkohol

Berikut ini 7 racikan kopi unik dari berbagai negara, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Monkey Spit Coffee

Mungkin ada beberapa jenis kopi yang didapatkan dari kotoran. Tetapi bagaimana dengan kopi yang dihasilkan dari lepehan? Seperti jenis kopi satu ini.

Jenis kopi 'lepehan monyet' ini adalah kopi langka yang berasal dari daerah Taiwan dan India. Di sana, ada monyet atau kera Formosa yang membantu "memproses" biji kopi tersebut.

Monyet-monyet ini akan memakan buah kopi dan memuntahkan bijinya yang tidak dapat dicerna oleh mereka.

Nantinya biji lepehan itu akan dikumpulkan dan diproduksi menjadi biji kopi baru yang konon akan menghadirkan rasa ekstrak vanilla.

Budidaya kopi monyet adalah praktik yang relatif baru. Dulu lepehan biji kopi dari monyet sering dianggap sebagai sampah alam.

Tetapi sejak tahun 2000-an, beberapa produsen kopi mengumpulkan dan mengolah biji lepehan monyet itu untuk dijual di pasar Internasional sebagai kopi spesial yang mirip dengan kopi luwak.

Untuk kandungan kafeinnya, sebagian besar kopi lepehan monyet ini merupakan biji kopi arabika yang mengandung lebih sedikit kafein dari biji kopi robusta. Biasanya kopi ini ditemukan dalam bentuk lightning roast hingga medium roast.

Meskipun tak banyak yang bisa diproduksi, tetapi beberapa orang yang mencicipinya mengungkap bahwa kopi ini seharusnya menghasilkan rasa yang manis dan kompleks. Kopi ini cukup langka, sehingga harganya pun mahal.

2. Nitro Brew Coffee

7 Racikan Kopi yang Unik Rasanya di Berbagai NegaraNitro brew coffee tidak menggunakan susu atau gula tambahan, tetapi karena menggunakan nitrogen, kopi ini akan menghasilkan minuman dingin yang kental, lembut, dan sedikit manis. Foto: Getty Images

Akhir-akhir ini sedang ramai kedai kopi yang menjual kopi nitro. Kopi ini ternyata memiliki cara penyeduhan yang cukup berbeda.

Melansir Thrillist.com (06/07/2019), kopi seduh dingin akan diresapi dengan gas nitrogen hingga membuat kopi dengan krim busa yang tebal seperti bir.

Selain dari segi teknik penyeduhannya, kopi ini juga akan menghasilkan rasa yang cukup berbeda.

Meskipun kopi ini tidak menggunakan susu atau gula tambahan, tetapi karena menggunakan nitrogen, kopi ini akan menghasilkan minuman dingin yang kental, lembut, dan sedikit manis.

Gelembung-gelembung nitrogen kecil akan memberi kopi ketebalan yang halus. Biji kopi dingin juga akan meningkatkan rasa manis serta menurunkan keasamannya. Sementara nitrogennya akan melengkapi lapisan susu busa yang terada dari atas sampai bagian bawah kopi.



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT