ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini Sebabnya Kopi Dingin Rasanya Tak Enak Jika Disimpan di Kulkas

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 05 Agu 2022 07:30 WIB
4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphansa Subruayying
Jakarta -

Banyak orang yang bingung mengapa rasa kopi panas tidak enak setelah dingin atau disimpan di kulkas. Ternyata ada penjelasan ilmiah di baliknya.

Berbeda rasa dengan es kopi. Kopi panas yang didinginkan atau dimasukkan ke dalam kulkas, ternyata memiliki rasa yang berbeda jauh, dengan es kopi meski keduanya sama-sama minuman kopi.

Dilansir dari USA Today (04/08), penjelasan dari pertanyaan ini ternyata cukup mudah. Menurut beberapa ahli kopi, ada alasan tersendiri mengapa rasa kopi panas menjadi tidak enak jika dimasukkan ke dalam kulkas atau dibiarkan menjadi dingin.

Baca Juga: Kopi Campur Matcha Makin Populer, Baguskah untuk Kesehatan?" selengkapnya

Hal ini dijelaskan oleh Dan McLaughlin asal Celeveland, yang sering membagikan tips kopi di TikTok.

Menurutnya ada reaksi kimia ilmiah, yang membuat kopi panas menjadi dingin dan rasanya tidak enak bakhan hambar. Secara ilmiah, memang ada beberapa faktor yang membuat kopi panas rasanya jadi berubah drastis jika sudah dingin.

Kopi 'Cold Brew' vs Kopi Panas, Mana yang Lebih Tinggi Kafeinnya?Kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Panova

"Ketika kopi yang panas menjadi dingin, senyawa lactones ini mengurai menjadi carboxylic dan chlorogenic acid. Kehadiran asam inilah yang membuat rasa kopi panas ketika dingin menjadi lebih pahit atau bahkan tingkat keasamannya menjadi tinggi, yang mengubah rasa kopi di awal," ungkap Dan yang sudah menekuni dunia kopi sejak usianya 15 tahun.

Berbeda dengan es kopi, yang setelah diseduh kopi langsung dimasukkan dengan es batu. Perubahan suhu yang cepat ini membuat kopi tidak memiliki waktu untuk mengurai lactone penyebab rasa asam pahit di kopi.

Selain metodenya berbeda, kualitas kopi juga menentukan. Menurut Dan, beberapa reaksi senyawa kimia ilmiah pada kopi ini bisa jadi membuat rasa kopi lebih enak, jika kopi tersebut berkualitas tinggi.

"Jadi semakin tinggi kualitas atau kesegaran kopi, terkadang bisa membuat rasa kopi lebih enak setelah ada proses penguraian lactone ini. Tapi semuanya balik lagi ke selera masing-masing," sambung Dan.

Tapi ini semua kembali lagi ke jenis kopi yang digunakan. Ada kopi yang memang enak rasanya jika sudah didinginkan beberapa saat, dan muncul rasa manis alaminya.

Baca Juga: Ketahui 5 Hal yang Bikin Rasa Kopi Buatanmu Tak Enak" selengkapnya



Simak Video "Masakan Manado Halal di Serpong Ini Ludes Terjual dalam 3 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT