ADVERTISEMENT

Ketahui 5 Hal yang Bikin Rasa Kopi Buatanmu Tak Enak

Devi Setya - detikFood
Minggu, 13 Feb 2022 08:00 WIB
5 Hal yang Bikin Rasa Kopi Tak Enak
Foto: Getty Images/iStockphoto/ediebloom
Jakarta -

Banyak alasan yang membuat kopi terasa kurang enak, mulai dari alat seduh, kualitas kopi hingga teknik mengolahnya. Perhatikan beberapa hal penting ini agar kopi buatan sendiri rasanya nikmat.

Kopi dengan aroma dan rasa nikmat bisa membangkitkan semangat dan mood. Apalagi kandungan kafein dalam kopi juga memberi sederet manfaat untuk kesehatan.

Kalau kamu penggemar kopi pasti tahu bagaimana rasa kopi yang enak dan nikmat. Namun terkadang ada kalanya kopi buatan sendiri terasa kurang sedap dan nikmat.

Dilansir dari Roasty Coffee (12/2) ada beberapa hal yang membuat kopi terasa tak enak. Misalnya saat kamu menyeduh kopi menggunakan peralatan yang kotor dan usang, ataupun ketika kamu menggunakan kopi yang sudah lama dan tak segar.

Berikut beberapa hal yang membuat kopi terasa tidak enak:

1. Biji kopi sudah lama


Kopi memiliki batas masa simpan, meskipun bentuk dan tampilan biji kopi masih utuh namun tidak demikian dengan aroma dan rasanya. Biji kopi yang disimpan terlalu lama akan kehilangan aroma dan rasanya, apalagi jika disimpan dalam wadah terbuka.

Ketika biji kopi dipanggang akan menghasilkan karbon dioksida yang terkandung dalam biji. Ketika disimpan atau dibiarkan begitu saja, karbon dioksida ini akan menguap. Proses yang dikenal dengan sebutan degassing ini secara perlahan menghilangkan aroma dan rasa kopi.

Cara mengatasinya adalah dengan memastikan biji kopi yang kamu gunakan masih dalam keadaan segar. Sebagai saran, cobalah untuk tidak menyimpan stok kopi terlalu banyak karena semakin lama disimpan maka kopi akan semakin tawar rasanya.

Perhatikan juga masa kedaluwarsa kopi. Kopi terbaik yang masuk dalam kategori segar adalah yang baru dipanggang dan dalam rentang waktu empat hari hingga dua minggu.

5 Hal yang Bikin Rasa Kopi Tak EnakSekantung biji kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/ediebloom


2. Kualitas kopi yang rendah

Jangan langsung tergoda ketika menemukan kopi dengan harga miring. Kopi seperti ini biasanya memiliki kualitas rendah yang juga mempengaruhi rasanya. Terlebih lagi untuk jenis kopi robusta.

Jenis kopi robusta memiliki aroma yang kurang kuat dibandingkan dengan kopi jenis arabika. Jika kamu membeli kopi robusta dengan harga murah, kemungkinan besar rasanya tidak menjanjikan.

Solusinya adalah dengan memilih kopi dengan kualitas terbaik. Tak ada salahnya membayar lebih mahal untuk secangkir kopi nikmat buatan rumah.

3. Alat pembuat kopi yang kotor

5 Hal yang Bikin Rasa Kopi Tak EnakAlat pembuat kopi yang kotor Foto: Getty Images/iStockphoto/ediebloom

Sangat disayangkan kalau kamu sudah membeli kopi berkualitas namun diseduh secara asal. Alat pembuat kopi yang kamu gunakan juga turut menentukan rasa kopi. Jika alat seduh kopi yang kotor sudah dipastikan akan membuat kopi jadi tak enak.

Sisa kopi yang masih menempel pada teko atau filter kopi akan membuat rasa kopi jadi tak enak. Apalagi jika alat pembuat kopi ini sangat jarang dibersihkan, jangan harap kamu akan mendapatkan secangkir kopi nikmat.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT