Adu Rasa 3 Air Batok Kelapa Thailand, Mana yang Paling Legit Segar?

ADVERTISEMENT

Minuman Kelapa Kekinian

Adu Rasa 3 Air Batok Kelapa Thailand, Mana yang Paling Legit Segar?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 06 Agu 2022 11:00 WIB
Adu Rasa 3 Air Batok Kelapa Thailand, Mana yang Paling Legit Segar?
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Jakarta -

Thailand terkenal dengan kelapa mudanya yang berkualitas. Di pasaran kini beredar produk air kelapa Thailand yang dijual dalam batoknya. Dari 3 merek, mana yang rasanya paling manis alami dan menyegarkan?

Membicarakan kelapa enak tak bisa meninggalkan kelapa Thailand yang sudah mendunia karena kualitasnya. Konon tiap tahun, Thailand bisa mengekspor ratusan juta butir kelapa ke berbagai negara.

Kelapa Thailand istimewa karena kondisi tempat tumbuhnya. Tanahnya kaya mineral, jumlah air di sekitarnya berkualitas, hingga paparan sinar mataharinya stabil sepanjang tahun.

Semua kombinasi ini membuat kelapa Thailand menghasilkan rasa air yang manis. Produknya dikenal dengan nama "Nam Hom". Secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti "Air Wangi".

Tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk mencicipinya, kamu bisa coba air kelapa Thailand di Indonesia. Pasalnya di beberapa supermarket besar ada produk air kelapa Thailand yang masih dijual dalam batoknya!

Batok yang dimaksud sudah meninggalkan kulit keras berwarna hijaunya sehingga yang tersisa hanya bagian kulit warna putih yang lebih lembut. Biasanya disediakan juga alat untuk menikmatinya.

detikfood mencicipi 3 merek air batok kelapa Thailand yang ada di supermarket Grand Lucky. Ketiganya berasal dari satu importir yang sama, KFresh. Meski begitu ada perbedaan dari beberapa segi.

Begini perbandingan tampilan dan cita rasanya:

1. Kfresh Baby Namhom Coconut (Rp 31.500)

Adu Rasa 3 Air Batok Kelapa Thailand, Mana yang Paling Legit Segar?Kfresh Baby Namhom Coconut punya aroma wangi dan rasanya manis lembut mirip kelapa ijo. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Air batok kelapa Thailand ini punya tampilan paling polos dari 2 produk lain yang kami beli. Hanya dibungkus plastik food grade di sekelilingnya, air kelapa batok ini tidak dilengkapi alat untuk membuka atau meminumnya.

Kamipun harus menggunakan pisau untuk membuat lubang sendiri demi mengeluarkan airnya. Batoknya yang agak tebal dan keras sedikit menyulitkan proses ini jika dilakukan dengan pisau dapur biasa.

Dari segi rasa, air kelapa ini manis lembut, mirip kelapa ijo. Ada aroma wangi mirip pandan dan kelapa. Di mulut pun masih tercium dan tercecap aroma dan rasa khas kelapanya.

Kfresh Baby Namhom Coconut dibanderol Rp 31.500. Mengintip situsnya, Coconut Today, produk ini berasal dari beberapa provinsi di Thailand tengah.

2. Coco Thumb Pure Coconut Water from Namhom Coconut Tree (Rp 39.500)

Adu Rasa 3 Air Batok Kelapa Thailand, Mana yang Paling Legit Segar?Coco Thumb punya kemasan paling praktis, namun rasanya cenderung tawar. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Coco Thumb bisa dibilang air batok kelapa Thailand yang paling jamak ditemui di pasaran. Harganya sekitar Rp 39.500. Produk yang kami dapatkan terlihat paling kecil di antara 2 produk lain yang kami beli.

Dari segi kemasan, Coco Thumb paling mudah dikenali dan memudahkan pembeli. Di bagian atasnya sudah tersedia alat pembolong berupa tusukkan plastik yang tinggal ditusuk untuk membuat lubang. Ada juga sedotan untuk menikmatinya.

Rasa air kelapa ini tergolong tawar, tanpa ada sentuhan manis atau gurih alami khas air kelapa. Menurut kami, rasanya mirip air kelapa muda biasa yang ditemui di Indonesia.

Melihat situs resminya, Coco Thumb dibuat dari 100% kelapa Nam Hom organik. Seluruh kemasannya bersifat ramah lingkungan dan mudah terurai.



Simak Video "Unik! Bakso Kelapa Muda yang Nikmat dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT