ADVERTISEMENT

Ikan Red Devil Muncul di Danau Toba, Ini Fakta Menariknya

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 03 Agu 2022 17:30 WIB
Ikan Red Devil Muncul di Danau Toba, Ini Fakta Menariknya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Charlotte Bleijenberg
Jakarta -

Ikan Red Devil menghebohkan masyarakat setelah dikabarkan muncul di Danau Toba, Sumatera Utara. Karena ikan ini memangsa ikan lain di dalam danau.

Ikan Red Devil adalah spesies ikan tawar yang berasal dari Danau Managua, Nikaragua, dan Xilao di Amerika Tengah. Ikan ini dikenal dengan nama latin Amphilophus labiatus.

Ikan ini memiliki penampilan seperti ikan louhan. Ikan Red Devil tergolong ikan ganas, sehingga bisa merusak populasi ikan lainnya.

Di Indonesia sendiri, jenis ikan tersebut dilarang keberadaannya. Namun, belakangan heboh karena masyarakat menemukan ikan tersebut muncul di Danau Toba, Sumatera Utara.

Berikut fakta ikan Red Devil:

Ikan Red Devil Muncul di Danau Toba, Ini Fakta MenariknyaKemunculan ikan Red devil di danau toba menggemparkan warga sekitar. Foto: Getty Images/iStockphoto/Charlotte Bleijenberg

1. Ciri-ciri Ikan Red Devil

Umumnya, ikan Red Devil dewasa memiliki ukuran mencapai 38 cm. Ukuran itu lebih besar daripada ikan air tawar biasanya. Selain itu, beratnya mencapai 1,2 kg.

Ikan Red Devil memiliki sirip runcing yang membantu mereka memberikan kecepatan dan kelincahan di dalam air. Bibir ikan ini juga cukup tebal, biasanya berwarna hitam atau oranye.

Ikan Red Devil juga memiliki gigi besar dan rahang yang sangat kuat. Nah, dengan mulutnya itulah ikan Red Devil dapat memangsa populasi ikan manapun.

Ikan Red Devil memiliki banyak variasi warna. Yang paling banyak ditemukan adalah yang berwarna coklat dan abu-abu. Selain itu, ada juga yang berwarna putih, kuning dan merah cerah.

Baca Juga: Pecel Lele Sebenarnya Bukan Pecel ? Ini Faktanya!

2. Awal Mula Ikan Red Devil Masuk ke Indonesia

Ikan ganas ini banyak muncul di perairan air tawar Indonesia, salah satunya di Danau Toba, Sumatera Utara. Selain itu, pernah juga muncul di waduk Waduk Kulon Progo, Wonorejo, Tulungagung dan Waduk Sermo.

Peneliti menyebutkan bahwa Red Devil masuk ke Indonesia sekitar 1990-an, dibawa dari Malaysia dan Singapura. Lalu, disebarkan di beberapa waduk buatan di Indonesia, lapor CNBC (02/08).

Peneliti mengatakan bahwa ikan Red Devil sengaja dilepaskan di perairan Indonesia oleh penggemar ikan hias. Sebab ikan Red Devil merupakan ikan hias.

Pelepasan tersebut diklaim tanpa pengkajian yang jelas sehingga berakibat populasinya meluas dengan cepat hingga mendominasi dan merusak perairan.

3. Ikan Red Devil Dilarang di Indonesia

Ikan Red Devil Muncul di Danau Toba, Ini Fakta MenariknyaIkan ini ternyata dilarang di Indonesia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Charlotte Bleijenberg

Ikan ini merupakan kategori ikan yang dilarang di Indonesia. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan Nomor 19 Tahun 2020 tentang Larangan Pemasukan, Pembudidayaan, Peredaran dan Pengeluaran Jenis Ikan Yang Membahayakan dan atau Merugikan Dalam dan Dari Perairan Negara Republik Indonesia.

Larangan tersebut tentu berkaitan dengan karakter ikan Red Devil yang invasi. Karena keganasannya, ikan Red Devil dapat memangsa semua populasi ikan di perairan, terutama ikan milik nelayan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Ikan Penis yang Eksotis dan GurihUmami



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT