ADVERTISEMENT

4 Fakta Ikan Toman, Predator Seharga Rp 20 Juta yang Kaya Nutrisi

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 28 Jul 2022 19:00 WIB
Ikan toman
Foto: iStock
Jakarta -

Dikenal sebagai ikan buas, siapa sangka ternyata ikan toman mengandung banyak nutrisi. Manfaatnya bahkan bisa menyembuhkan luka hingga membentuk sel darah putih.

Ikan toman atau Channa micropeltes merupakan spesies ikan di perairan sungai, rawa, parit atau danau. Jenis ikan ini dikenal sebagai ikan tawar terbesar di Asia Tenggara.

Ikan toman merupakan spesies ikan predator yang kuat. Ikan ini bisa bertahan cukup lama di luar air. Ikan toman bisa melakukan migrasi darat ke perairan baru dengan menggali dalam lumpur.

Cara tersebut dilakukan untuk bertahan hidup selama periode kering. Meski dikenal sebagai ikan buas, tetapi ikan yang memiliki corak pada kulitnya ini mengandung banyak nutrisi.

1. Ciri Ikan Toman

Ikan tomanIkan ini memiliki gigi di rahang bawah yang menonjol dan terlihat seperti taring. Foto: iStock

Dikutip dari United States Geological Survey (USGS), secara morfologis ikan toman mirip dengan ikan sirip lengkung atau Bowfin yang biasa ditemui di Amerika Utara.

Ikan ini memiliki gigi di rahang bawah yang menonjol dan terlihat seperti taring. Bentuk kepalanya seperti ular, karenanya ikan ini dijuluki snakehead.

Jenis ikan ini memiliki sisik yang lebih kecil dibandingkan spesies Channa besar lainnya. Selain itu, warna ikan ini juga bervariasi tergantung dengan usianya.

Baca Juga: Pembeli Kaget Lihat Harga Nasi Rames Ikan Rp 117 Ribu di Singapura

2. Nutrisi dan Manfaat Ikan Toman

Ikan toman memiliki banyak nutrisi. Dikutip dari Unair News, ikan toman mengandung senyawa bioaktif dan albumin. Albumin adalah jenis protein penting untuk tubuh manusia.

Bukan hanya itu, ikan ini juga mengandung asam amino esensial dan asam lemak esensial, seperti asam linoleat dan asam arakidonat. Asam lemak omega-3 dan omega-6 juga terkandung di dalamnya.

Ikan toman mengandung banyak mineral seperti seng, zat besi, kalium dan kalsium. Karenanya mengonsumsi ikan toman pun dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lapor drhealthbenefits.com.

Mulai dari mencegah terjadinya pembengkakkan, mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, penyimpanan hormon dan nutrisi, membantu memperbaiki jaringan hingga menyembuhkan luka.



Simak Video "Bayar Rp 150 Ribu Bisa Makan Seafood Sepuasnya di Tepian Rasa! "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT