Pecel Lele Sebenarnya Bukan Pecel ? Ini Faktanya!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 24 Mar 2022 18:34 WIB
Fakta Pecel Lele yang Bukan Pecel Sesungguhnya
Foto: iStock
Jakarta -

Warung pecel lele banyak tersebar dan hidangannya jadi favorit. Namun pecel lele bukan pecel sesungguhnya yang disajikan dengan sambal kacang. Ini faktanya!

Pecel lele merupakan makanan khas Lamongan, Jawa Timur, berupa ikan lele goreng yang disajikan bersama lalapan dan sambal. Meski namanya terdapat unsur 'pecel', namun sambal yang dipakai bukanlah sambal kacang. Melainkan sambal tomat yang rasanya pedas segar.

Ada juga pecel lele yang disajikan bersama sambal merah terasi atau sambal bawang seperti penyetan. Lantas, mengapa namanya pecel lele?

Baca Juga: Sering Makan Banyak, tapi 4 Food Vlogger Ini Tetap Punya Berat Badan Ideal

Komunitas kuliner di Twitter dengan akun @txtdrkuliner mengungkap fakta hidangan pecel lele (23/3). "Kenapa pecel lele bukan 'pecel' dengan sambel kacang pada umumnya? Dan malah bentuknya penyetan?," bunyi cuitan di Twitter.

Fakta Pecel Lele yang Bukan Pecel SesungguhnyaFakta Pecel Lele yang Bukan Pecel Sesungguhnya Foto: Twitter @txtdrkuliner

Akun Twitter ini mengungkapkan sejarah pecel lele terlebih dahulu. Dalam cuitannya disebutkan pecel lele hanya dijual di daerah Jawa Timur, tepatnya di Lamongan sekitar tahun 1970-1980. Saat itu namanya adalah 'pecek lele'.

"Lalu seiring berjalannya waktu, para penjual pecek lele mulai migrasi dari Jawa Timur ke Jawa Tengah dan Jawa Barat," lanjut cuitan akun Twitter @txtdrkuliner.

Baca Juga: Sedep Mantep! Jajan Pecel Kembang Turi di Pecel Senggol Pasar Beringharjo

"Pecek adalah bahasa Jawa Timur dari kata 'penyetan' atau makanan (lauk) yang dipenyet dan diberi sambal. Makanannya bisa berupa tempe, tahu, ayam, terong, dll," imbuhnya.

Dikarenakan di Jawa Barat dan masyarakat Betawi sudah ada hidangan bernama pecak, maka akhirnya diganti dengan sebutan pecel. Sebutan itu akhirnya bertahan sampai sekarang.

Fakta Pecel Lele yang Bukan Pecel SesungguhnyaFakta Pecel Lele yang Bukan Pecel Sesungguhnya Foto: iStock, Twitter @txtdrkuliner

Hidangan pecak dan pecel lele memiliki perbedaan. Kalau pecak berupa ikan goreng yang disajikan dengan sambal yang terdiri dari cabe, bawang merah, jahe, dan kencur. Ikan yang biasa digunakan untuk sajian pecak adalah lele, gurame, gabus, nila, dan lainnya. Selain ikan, bisa juga menggunakan terong dan tempe goreng.

Sedangkan pecel sesungguhnya adalah aneka sayuran rebus yang sajikan bersama siraman sambal kacang. Hidangan ini biasa disajikan dengan nasi putih atau lontong.

Baca Juga: Bintaro 'Rasa' Bali! Di Resto Ini Ada Ayam Sambal Matah hingga Kopi Pala Enak



Simak Video "Bikin Laper: Manjakan Lidah dengan Aneka Masakan Betawi di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)