ADVERTISEMENT

Baru Beli Ikan Tapi Mati, Netizen Ini Bikin Sup Ikan Koi dan Koki

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 01 Agu 2022 18:30 WIB
Baru Beli Ikan Tapi Mati, Netizen Ini Bikin Sup Ikan Koi dan Koki
Foto: TikTok @tersakitiiii10
Jakarta -

Ikan koi dan koki adalah jenis ikan hias populer untuk akuarium. Ikan ini tidak lazim dimakan, tapi netizen ini coba mengolahnya karena ikan yang baru ia beli sudah mati. Bagaimana ya rasanya?

Netizen TikTok kerap menghebohkan media sosial karena tingkahnya yang tak biasa. Salah satunya mengolah ikan hias menjadi hidangan untuk dimakan.

Tak jarang ikan hias itu tergolong ikan mahal. Sebut saja arwana, koi, hingga louhan. Cerita mereka dalam mengolah ikan hias dan ikan 'sultan' ini kerap viral dan menempati halaman For Your Page (FYP) TikTok.

Belum lama ini, netizen bernama Dini melalui akun TikTok @tersakitiiii10 (30/7) menunjukkan momennya mengolah sup ikan. Bukan dari ikan kakap atau gurame, melainkan ikan koi dan koki!

Baru Beli Ikan Tapi Mati, Netizen Ini Bikin Sup Ikan Koi dan KokiIkan koki yang dibelinya mati, wanita ini pilih masak jadi sup. Foto: TikTok @tersakitiiii10

Dihubungi detikfood (31/8), Dini mengaku ikan hias tersebut tadinya ia beli untuk dipelihara, namun begitu hendak dimasukkan ke akuarium, ikannya mati. Ia pun merasa sayang membuangnya.

"Terus iseng aja, dari pada mubazir. Saya masak sup," kata Dini. Total ada 4 ikan yang ia beli. "Yang ikan koi harga satunya Rp 50 ribu, yang ikan koki satunya Rp 30 ribu. Total Rp 160 ribu," ungkap Dini.

Tampak ia merebus ikan hias berukuran kecil ini. Dini lalu menambahkan potongan sayuran seperti kol, wortel, dan seledri. Persis seperti hendak membuat sayur sop.

Untuk bumbunya, ia menggunakan bumbu bubuk instan. Semua direbus hingga mendidih dan matang. Tak butuh waktu lama, sup ikan koi dan koki buatannya siap disantap.

Baru Beli Ikan Tapi Mati, Netizen Ini Bikin Sup Ikan Koi dan KokiIkan koki dan ikan koi dimasak Dini dengan bumbu instan. Foto: TikTok @tersakitiiii10

Dini melahap satu per satu ikan tersebut. Mulai dari kepala hingga ekornya. Ia bilang rasanya enak. "Sumpah enak banget guys, kalian harus cobain," kata Dini.

Ia pun terlihat tak jijik melahap daging ikan hingga ke tulang-tulangnya. "Ini kayaknya kalau digoreng lebih enak sih. Ini aku masak semenit kayak udah matang," tuturnya.

Baru Beli Ikan Tapi Mati, Netizen Ini Bikin Sup Ikan Koi dan KokiBanyak netizen bilang rasa sup ikan koki pasti amis, namun menurut Dini tidak amis. Foto: TikTok @tersakitiiii10

Aksi Dini masak dan makan sup ikan koki viral hingga sudah ditonton hampir 1 juta kali saat berita ini ditulis (1/8). Banyak netizen memberikan tanggapan di kolom komentar.

Mereka menduga rasa ikan koi dan koki sangatlah amis jika dimakan, tapi Dini bilang tidak amis. Kepada detikfood, Dini juga bilang hal serupa. "Nggak amis sama sekali. Mungkin karena baru mati dan ikannya masih kecil juga," katanya.

Netizen juga memberi saran pada Dini. Ada yang bilang lebih baik ikan hias itu digoreng atau dipotong-potong agar ketika dimakan, tidak terlihat tampilan ikan hiasnya.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT