Menu Sultan! Arwana Sambal Cobek Rp 2 Juta di Resto Kuningan

ADVERTISEMENT

Menu Sultan! Arwana Sambal Cobek Rp 2 Juta di Resto Kuningan

Bima Bagaskara - detikFood
Senin, 24 Jan 2022 15:00 WIB
Ikan arwana sambal pecak
Foto: detikcom/Bima Bagaskara
Kuningan -

Restoran di Kuningan, Jawa Barat ini menarik perhatian dengan menu ikannya. Limerr Resto menawarkan olahan ikan arwana seharga Rp 2 juta seekor!

Ikan arwana terkenal sebagai ikan hias mahal. Ikan arwana juga dianggap sebagai simbol kemakmuran yang dapat membawa keberuntungan. Karena dua hal itulah, ikan arwana jarang sekali dijadikan menu makanan.

Namun hal itu tidak berlaku untuk Limerr Resto, sebuah restoran yang berada di Desa Linggamekar, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Di sini pengunjung bisa menemukan menu ikan arwana.

Predikat ikan mahal yang disandang oleh arwana tidak membuat pengelola Limerr Resto minder untuk membuat menu olahan ikan arwana. Mereka justru antusias menawarkan menu sultan tersebut kepada para pengunjung.

Ikan arwana sambal pecakIkan arwana sambal pecak ini ditawarkan oleh Limerr Resto seharga Rp 2 Juta Foto: detikcom/Bima Bagaskara

"Kami (Limerr Resto) memiliki menu khusus, menu sultan namanya. Di sini kami menyediakan menu ikan arwana, ikan yang jarang sekali dimakan oleh orang-orang," kata Maman Aulia pengelola Limerr Resto saat berbincang dengan detikcom, Minggu (23/1/2022).

Adapun ikan arwana yang dijadikan menu makanan di Limerr Resto ialah jenis silver brazil. Ikan mahal tersebut diolah menjadi menu makanan seperti arwana sambal cobek, pepes arwana, hingga arwana bakar.

Maman mengungkapkan munculnya ide untuk menyediakan menu sultan tersebut berawal saat dirinya sedang berada di sebuah kolam penangkaran ikan arwana. Saat itu Maman sengaja menggoreng ikan arwana dari kolam milik rekannya.

"Temen kan punya penangkaran arwana, nah saya waktu itu coba minta 1 ekor buat digoreng. Terus pas dicoba itu ternyata rasanya gurih. Akhirnya ada ide gimana kalau dijual. Jadilah sekarang dimasukkan ke menu," ungkapnya.

Ikan arwana sambal pecakIkan arwana sambal pecak ini merupakan ide Maman saat berada di kolam penangkaran ikan arwana milik temannya Foto: detikcom/Bima Bagaskara

Untuk harganya, menu sultan ini merogoh kocek cukup dalam. Pasalnya untuk satu ons ikan arwana yang telah dimasak dibanderol dengan harga Rp 300 ribu.

"Harganya per ons itu sudah dimasak Rp 300 ribu. Untuk 1 ekor bisa 5 sampai 7 ons, jadi 1 ekor ya bisa Rp 2 juta harganya," jelasnya.

Sejak pertama kali ditawarkan, menu ikan arwana di Limerr Resto ini mulai ramai diperbincangkan. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk mencicipi menu sultan ikan arwana tersebut.

Sansan misalnya, pengunjung asal Jakarta ini sengaja datang ke Limerr Resto untuk mencicipi ikan arwana goreng dan arwana sambal cobek. Sansan mengaku baru pertama kali memakan daging ikan arwana.

Ikan arwana sambal pecakSatu ekor Ikan arwana sambal pecak beratnya bisa mencapai 7 ons Foto: detikcom/Bima Bagaskara

"Dagingnya halus banget, rasanya berbeda dengan ikan lain. Saya juga baru pertama kali, ini benar-benar makanan yang spesial banget. Kita coba sambel cobek, yang goreng rasanya enak banget halus banget dagingnya," ujar Sansan.

Menurutnya menu ikan arwana baru ia temukan di Limerr Resto. Untuk itulah, Ia sengaja datang ke Kuningan untuk mencicipi menu sultan tersebut.

"Karena gak ada di tempat lain, penasaran kita lihat di limerr jadi kita datang. Semua orang pasti tahu harga arwaja seperti apa dan setelah dicoba okelah," ungkapnya.

Pendapat serupa juga dikatakan Ranie Klees. Penyanyi rock asal Depok ini mengaku sangat menyukai daging ikan arwana.

"Dagingnya lembut banget cuma hati-hati tulangnya kecil-kecil juga. Tapi enak banget, belum pernah coba, ternyata ada juga ya makanan dari arwana," ujarnya.



Simak Video "Menjajal Menu Sultan dari Ikan Arwana yang Lembut di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT