Kelaparan Sendirian di Rumah, Orang Ini Nekat Goreng Ikan Arwana Mahal

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 08 Jan 2022 11:30 WIB
Kelaparan Sendirian di Rumah, Orang Ini Nekat Goreng Ikan Arwana Mahal Foto: Twitter FoodFess
Jakarta -

Berbeda dengan ikan lain yang biasa digoreng untuk lauk, netizen ini justru nekat goreng ikan arwana. Ikan hias berharga fantastis ini terpaksa digorengnya karena kelaparan.

Selain ikan cupang ada juga ikan arwana yang menempati barisan ikan hias mahal berharga puluhan sampai ratusan juta rupiah. Ikan hias ini tentunya dibeli bukan untuk digoreng atau dibakar, melainkan untuk dipajang sebagai simbol kemakmuran sampai dijadikan koleksi bergengsi.

Di pasaran, ikan arwana harganya beragam tergantung jenis dan bobotnya. Ada alasan tersendiri mengapa ikan yang satu ini menjadi tabu untuk dimakan. Salah satunya karena ikan ini merupakan spesies ikan air tawar yang banyak ditemukan di Asia Tenggara yang terancam punah. Ciri khasnya terletak pada ukuran badan yang panjang serta warna perak di kulitnya yang bersinar.

Arwana Super RedArwana Super Red Foto: Dok Pribadi/Edy-Komunitas Arowana Iseereds

Baca Juga: Goreng Ikan Red Arwana, Wanita Ini Curhat Suaminya Ngambek" selengkapnya

Selama beberapa puluh tahun terakhir, jumlah ikan arwana terus menurun. Sulitnya budidaya arwana serta maraknya perburuan ikan, membuat harga satu ekor arwana sangat tinggi. Kisarannya mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Karenanya ikan arwana secara perlahan berubah menjadi simbol status, bukan ikan yang diburu untuk dimakan. Bahkan di pasaran harganya bisa mencapai $300,000 (Rp 4,3 miliar) per ekor.

Namun semua itu tidak membuat netizen yang satu ini berhenti untuk menggoreng ikan arwana yang ada di rumahnya. Dari curhatannya lewat akun Twitter sharing makanan @FFOODFESS (08/01), netizen ini membagikan fotonya saat sedang goreng ikan arwana berukuran besar.

"Aku laper. Gak ada siapa-siapa di rumah, gak ada (makanan) apa-apa. Goreng dia aja lah, selamat sarapan," tulisnya, lengkap dengan foto ikan arwana goreng yang sangat besar.

Kelaparan Sendirian di Rumah, Orang Ini Nekat Goreng Ikan Arwana MahalKelaparan Sendirian di Rumah, Orang Ini Nekat Goreng Ikan Arwana Mahal Foto: Twitter FoodFess

Ikan itu digoreng selayaknya ikan gurame atau ikan bawal biasa. Bagian kulitnya sudah terkelupas terkena rendaman minyak goreng.

Tak perlu waktu lama, ribuan orang langsung menyukai foto ikan goreng mahal ini. Ratusan komentar masuk mengkritik sampai mengomentari menu sarapan netizen tersebut.

"Makan ikan ini bahaya tau Sender (pengirim foto). Bisa masuk UGD lho. Karena digebukin bapak kau," komen @nan**.

"Goreng ikannya yang mateng ya Sender. Emang bahaya kalo mentah, tapi lebih bahaya kalo orangtuamiu tau," canda @kind**.

"Ini beneran gak sih? Ada yang komen ini ikan arwana. Maksud aku, selapar-laparnya aku, kalau memang gak ada apa-apa ya kalau gak ada stok mie instan, keluar beli mie instan bentar. Atau order lewat ojol gitu, kan banyak yang jual promo. Bukan pake hewan piaraan," kritik @its**.

Kelaparan Sendirian di Rumah, Orang Ini Nekat Goreng Ikan Arwana MahalKelaparan Sendirian di Rumah, Orang Ini Nekat Goreng Ikan Arwana Mahal Foto: Twitter FoodFess

"Semoga bukan arwana super red atau golden red. Tapi kalau pun jenis silver biasa digoreng segede gini agak nyesek sih liatnya, warnanya udah bagus," sambung @bay**.

Selain komentar-komentar di atas, banyak juga netizen yang menuduh bahwa ikan itu sebenarnya sudah mati baru digoreng untuk diunggah fotonya agar viral. Terlepas dari pro dan kontranya, foto ikan arwana goreng ini berhasil menghibur netizen.

Baca Juga: Bikin Netizen Geger, Pria Ini Masak Ikan Arwana Seharga Rp 15 Juta!" selengkapnya



Simak Video "Menjajal Menu Sultan dari Ikan Arwana yang Lembut di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com