ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

5 Fakta Finca El Injerto, Kopi Termahal Peringkat 2 di Dunia

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 31 Jul 2022 07:00 WIB
5 Fakta Finca El Injerto, Kopi Termahal Peringkat 2 di Dunia
Foto: Istimewa
Jakarta -

Tidak hanya kopi Luwak, ada lagi kopi dengan harga sultan yang juga disebut-sebut sebagai kopi langka. Namanya Finca El Injerto. Ini beberapa fakta menarik biji kopi yang langka di dunia.

Walaupun terlihat sama, ternyata biji kopi memiliki jenis-jenis dan keistimewaannya masing-masing. Biji kopi yang dihasilkan di setiap wilayah memiliki karakteristik yang berbeda.

Bahkan ada beberapa kopi yang disebut sebagai kopi termahal di dunia karena kualitas rasanya yang juga tidak biasa. Salah satu dari deretan kopi termahal di dunia berasal dari biji kopi jenis Finca El Injerto.

Biji kopi ini konon memiliki harga yang mahal karena jumlahnya yang terbatas dan terbilang cukup langka. Biji kopi ini tidak bisa ditemukan di banyak tempat, hanya ada satu negara di dunia yang dikenal sebagai produsen terbaik biji kopi Finca el Injerto.

Berikut ini 5 fakta menarik tentang biji kopi Finca El Injerto yang langka dan mahal menurut berbagai sumber:

5 Fakta Finca El Injerto, Kopi Termahal Peringkat 2 di DuniaDitemukan tahun 1874, biji kopi ini hanya tumbuh subur di Guatemala. Foto: Istimewa

1. Berasal dari Guatemala

Finca El injerto hanya bisa ditemukan di benua Amerika. Tepat di negara Guatemala di mana perkebunan kopinya ada yang dikhususkan untuk menanam kopi Finca El Injerto.

Biji kopi ini pertama kali ditemukan tahun 1874 oleh Jesus Aguirre Panama. Awalnya Guatemala hanya terkenal dengan tanaman tebu, tembakau dan berbagai lainnya. Hingga suatu hari, Panama menemukan tanaman kopi yang istimewa.

Biji kopi yang satu tidak bisa ditemukan di wilayah lain selain perkebunan khusus Finca El Injerto di Guatemala. Ketersediaannya yang langka membuat harganya begitu mahal.

2. Harganya mahal

Finca El Injerto memiliki jenis-jenis dan varietasnya yang berbeda-beda. Mulai dari Espresso Blend, Royal Bourbon, Giant Maragogype, Pandora Premium Pacamara hingga Legendary Geisha.

Varietas termahalnya adalah Legendary Geisha yang dijual dalam takaran 200 gram per kalengnya. Harganya bisa mencapai 29,9 Dollar AS atau setara dengan Rp 443.506.

Harganya dijual mahal karena kesulitan proses penanaman dan ketersediaannya yang tidak banyak. Perkebunan Finca El Injerto tidak akan bisa ditemukan dengan mudah di tempat lain selain Guatemala.

Fakta menarik tentang Finca El Injerto lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Jamur Pelawan, Jamur Mahal yang Diolah Jadi Kuliner Khas Bangka"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT