ADVERTISEMENT

Ini Dia Cucamelons, Semangka Mini Favorit Orang Meksiko

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 25 Jul 2022 16:35 WIB
Cucamelons, semangka mini yang unik dari Meksiko
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Semangka biasanya berukuran besar 2-5 kilogram per buahnya. Namun di Meksiko banyak tumbuh semangka mini bernama cucamelon yang biasa dijadikan acar.

Semangka yang banyak diketahui orang adalah berukuran besar dengan warna merah atau kuning. Semangka juga dikenal bercita rasa manis dengan kandungan air yang tinggi.

Dilansir dari Says (22/7), ternyata ada jenis semangka lain yang unik di dunia. Semangka unik ini berukuran mini, kira-kira hanya sebesar ibu jari.

Semangka mini ini dikenal sebagai cucamelons atau melothria scabra. Semangka seukuran ibu jari ini terlihat menggemaskan.

Baca Juga: Resep Sawi Putih Tumis Ayam yang Sederhana dan Sedap Bumbunya

Cucamelons, semangka mini yang unik dari MeksikoCucamelons, semangka mini yang unik dari Meksiko Foto: Getty Images/iStockphoto

Keunikan lainnya terdapat pada isi dari semangka mini ini. Warnanya bukan merah atau kuning seperti semangka pada umumnya, melainkan berwarna hijau dan lebih mirip dengan mentimun.

Tak hanya tampilannya saja, tapi rasa semangka mini atau cucamelons ini mirip seperti mentimun. Kalau mentimun rasanya cenderung hambar dengan sensasi segar, cucamelons agak asam.

Ternyata cucamelons masuk ke dalam keluarga mentimun atau cucurbitaceae yang banyak tumbuh di Meksiko hingga Venezuela. Namun tampilan kulit buahnya lebih mirip dengan corak semangka.

Baca Juga: Risol Margo hingga Nasi Bakar Ini Viral Gegara Promosi di TikTok

Cucamelons, semangka mini yang unik dari MeksikoCucamelons, semangka mini yang unik dari Meksiko Foto: Getty Images/iStockphoto

Cucamelons ini tumbuh secara merambat seperti mentimun dan semangka. Buah ini sering dipetik seperti anggur dan ditambahkan ke dalam racikan salad.

Buah mungil ini juga sering diolah sebagai acar. Banyak juga warga Meksiko yang mencincang cucamelons dan diracik bersama bahan untuk membuat saus salsa.

Selain itu, ada juga yang memanfaatkan cucamelons sebagai racikan minuman segar. Buah yang segar ini bisa dijadikan minuman cocktail atau mocktail.

Cucamelons tak hanya bercita rasa asam, tapi teksturnya renyah dan cenderung berair. Buah mungil ini mengandung zat antioksidan tinggi. Selain itu ada juga kandungan vitamin C, E, dan K, serta potasium dan serat.

Baca Juga: Laris Banget! 5 Nasi Uduk Lauk Komplet Ini Tersembunyi dalam Gang



Simak Video "Es Semangka India Pertama di Indonesia Ada di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT