ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Kopi Jamur Lagi Hits, Alternatif Ngopi Sehat yang Ampuh Cegah Stres

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 24 Jul 2022 07:00 WIB
Kopi Jamur Lagi Hits, Alternatif Ngopi Sehat yang Ampuh Cegah Stres
Foto: Getty Images/iStockphoto/Benedict Hamilton
Jakarta -

Kopi jamur sedang hits di kalangan pencinta kopi dan milenial. Jenis kopi ini mengandung lebih sedikit kafein dan punya manfaat sehat seperti tingkatkan imun dan cegah stress.

Kopi jamur bukanlah kopi dengan tambahan irisan jamur, melainkan kopi yang dicampur bubuk ekstrak jamur atau memang murni ekstrak jamur saja yang bisa diseduh seperti kopi. Minuman ini bisa jadi alternatif kopi untuk mereka yang sensitif kafein.

Mengutip Good House Keeping (22/7), ahli gizi dan pakar herbal Jenna Volpe mengatakan jamur yang dimaksud adalah jenis adaptogenik. Misalnya jamur reishi, cordyceps, chaga, ekor kalkun, dan surai singa.

Beberapa tahun terakhir, kopi jamur sangat hits di Amerika Serikat hingga Inggris. Tapi sebenarnya pemanfaatan jamur adaptogenik untuk dikonsumsi sudah ada dalam pengobatan tradisional China selama ribuan tahun.

Kopi Jamur Lagi Hits, Alternatif Ngopi Sehat yang Ampuh Cegah StresEkstrak jamur dimanfaatkan sebagai bahan kopi yang menambah manfaat sehatnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Benedict Hamilton

Kopi jamur dinikmati dengan beberapa cara. Ada yang diseduh seperti bubuk kopi, dicampur air hangat seperti meracik teh, atau dalam kemasan siap santap. Semua tergantung pada merek yang dikonsumsi.

Penambahan jamur pada kopi membuat cita rasa minuman ini jadi 'earthy'. Beberapa orang justru menyukainya. Untuk pilihan lain, produsen kopi jamur juga turut menambahkan pilihan rasa seperti cokelat, vanilla, atau bahkan matcha.

Mengenai kafein, kopi jamur punya kandungan yang lebih sedikit. Menurut Volpe jumlahnya bervariasi, tergantung rasio jamur dan biji kopi yang dipakai.

Jumlah paling umum adalah kafeinnya 50% lebih sedikit dari kopi biasa. Lalu ada jug kopi jamur yang bebas kafein karena dibuat dengan 100% rempah-rempah.

Mengonsumsi kopi jamur bisa mendatangkan banyak manfaat. Pertama, berguna untuk pencinta kopi yang sensitif akan kandungan kafein. Kedua, kopi jamur membantu tubuh mengelola stress.

Jamur adaptogenik diketahui secara ilmiah bisa menyeimbangkan kondisi tubuh dengan meningkatkan atau mengurangi berbagai reaksi kimia yang ada.

Ketiga, minum kopi ini bisa meningkatkan imunitas tubuh karena kaya senyawa biologis yang bantu mengurangi inflamasi. Tak hanya itu, konsumsi kopi jamur rutin juga bisa cegah penyakit kronis dan bantu fokus serta konsentrasi.

Kopi jamur varian matcha yang disukai banyak milenial di InggrisKopi jamur varian matcha yang disukai banyak milenial di Inggris Foto: Vivo Life

Dari Glastonbury, Inggris, ada merek kopi jamur keluaran Vivo Life yang tengah hits. Mengutip Metro UK (22/7) ini diklaim bebas kafein dan tidak memiliki rasa jamur yang mengganggu sama sekali.

Kopi ini dibanderol £1.21 (Rp 21 ribuan) per saji sehingga lebih hemat dari minuman kopi kebanyakan. Bagian jamur yang dipakai lebih banyak buahnya dibanding akarnya.

Vivo Life menawarkan kopi jamur dalam pilihan rasa menarik. Ada Chaga Chai Latte, Golden Turmeric Latte, Matcha Coconut Latte, dan Raw Hot Chocolate yang tinggal dicampurkan air panas atau susu untuk membuatnya.



Simak Video "Bayar Rp 150 Ribu Bisa Makan Seafood Sepuasnya di Tepian Rasa! "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT