ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Biar Tak Salah Pesan, Kenali 7 Minuman Kopi Populer dan Komposisinya

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 18 Jul 2022 08:00 WIB
Biar Tak Salah Pesan, Kenali 7 Minuman Kopi Populer dan Komposisinya
Foto: Getty Images/iStockphoto/strekozza77
Jakarta -

Banyak orang masih tak tahu perbedaan berbagai menu kopi di kafe. Tujuh daftar komposisi menu kopi ini wajib diketahui agar tak salah pesan lagi.

Saat datang ke coffee shop dan melihat daftar menu, masih banyak orang bingung memesan. Penjelasan yang kurang lengkap membuat banyak pelanggan tak tahu komposisi apa saja yang bakal ada di dalam cangkir kopinya.

Walaupun sekilas semuanya dibuat dari bahan yang mirip, tetapi ada komposisi berbeda pada setiap jenis menu di kafe. Misalnya americano, long black, cappuccino, latte dan masih banyak menu lainnya.

Agar tidak salah memesan sebaiknya kamu mengenali dulu komposisi pada minuman-minuman yang ada di kafe. Mulai dari jumlah penggunaan kopi hingga susunya.

Baca juga: Terlalu Lama Menunggu Pesanan, Wanita Ini Nekat Lompat ke Jendela Drive Thru

Berikut ini 7 minuman populer di kafe beserta komposisinya menurut Home Grounds:

Biar Tak Salah Pesan, Kenali 7 Minuman Kopi Populer dan KomposisinyaEspresso terbuat dari ekstraksi kopi yang disajikan pada takaran 25 - 30 mililter. Foto: Getty Images/iStockphoto/strekozza77

1. Espresso

Espresso merupakan salah satu jenis kopi asal Italia yang dibuat menggunakan mesin. Pada pembuatannya espresso membutuhkan tekanan yang tinggi untuk menyeduh bubuk kopi.

Hasilnya akan didapatkan konsentrasi kopi yang tinggi dengan rasa pahit yang begitu kuat. Umumnya 1 shot espresso ini disajikan sebanyak 25 - 30 mililiter.

2. Latte

Latte diracik dengan campuran espresso, susu, dan buih susu. Perbandingannya 1:2:1. Komposisi susu dalam sajian latte ini lebih banyak sehingga rasa kopinya tidak terlalu kuat.

Komposisi susunya yang lebih banyak juga membuat latte lebih creamy dibandingkan sajian menu kopi lainnya. Secangkir latte yang disajikan sebanyak 227 militer mengandung 65 kalori, 2,5 gram lemak hingga 4 gram protein.

3. Cappuccino

Hampir mirip seperti latte, hanya saja cappucino lebih seimbang perbandingannya. Untuk membuat cappucino dibutuhkan 1 shot espresso, susu dan buih susu yang perbandingan banyaknya 1:1:1.

Di negara asalnya, Italia, menu kopi ini paling banyak dinikmati sebagai pendamping sarapan. Cappucino juga paling sering disajikan dengan taburan bubuk cokelat atau kayu manis untuk menambah rasanya.

Baca juga: 5 Kafe Kekinian di Kawasan Bintaro Ini Seru untuk Hangout!

Komposisi menu kopi lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT