ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Apa Beda Caramel Latte dan Caramel Macchiato?

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 19 Jul 2022 07:00 WIB
Caramel Latte vs Caramel Macchiato
Foto: Getty Images
Jakarta -

Baik caramel latte atau caramel macchiato keduanya jadi menu kopi favorit banyak orang. Meskipun nama dan bentuknya mirip, tapi keduanya berbeda.

Tren minum kopi semakin populer. Tetapi beberapa orang tidak bisa minum kopi hitam atau espresso. Agar rasa kopi tidak terlalu kuat, banyak yang memilih untuk menikmati kopi dengan campuran susu.

Sebenarnya ada banyak jenis kopi susu. Namun diantaranya yang paling populer adalah jenis latte dan macchiato dengan tambahan sirop karamel.

Kedua jenis kopi ini mungkin akan terlihat serupa dan sering membuat bingung. Namun terdapat perbedaan utama di antara kedua minuman kopi ini.

Agar lebih jelas, berikut ini perbedaan caramel latte dengan caramel macchiato yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Apa Itu Caramel Latte

Caramel Latte vs Caramel MacchiatoCaramel latte memiliki tekstur yang berbeda dengan caramel macchiato. Ini karena jenis kopi satu ini menggunakan lebih banyak susu. Foto: Getty Images

Caramel latte adalah jenis minuman kopi yang banyak disukai. Kopi satu Ini memakai espresso, susu steam, serta tambahan sirop karamel.

Caramel latte memiliki tekstur yang berbeda dengan caramel macchiato. Ini karena jenis kopi satu ini menggunakan lebih banyak susu.

Busa dari susu itu pun lebih banyak sehingga menciptakan lapisan latte yang lembut dengan rasa creamy.

Latte sendiri adalah jenis kopi Yang memakai susu lebih banyak. Susu itu di-steam hingga menghasilkan busa yang lebih halus. Sementara karamel adalah sirup pemanis yang ditambahkan dalam latte ini.

Karamel memiliki rasa gula terbakar yang sangat cocok dengan kopi bercampur susu. Campuran ini yang akan menghasilkan rasa manis ringan.

2. Apa Itu Caramel Macchiato

Caramel Latte vs Caramel MacchiatoMeskipun namanya terdapat unsur 'karamel', nyatanya jenis minuman kopi ini menggunakan bahan yang berbeda dengan caramel latte. Foto: Getty Images

Tak kalah populer, ada juga caramel macchiato yang ternyata masih membingungkan banyak orang. Sebagian kesalahan karena namanya yang mirip dengan caramel latte.

Melansir fullcoffeeroast.com (17/07), macchiato adalah salah satu pilar budaya kopi khas Italia. Minuman ini tergolong menjadi minuman sederhana yang hanya mencampurkan satu shot espresso dengan sedikit susu steam di atasnya.

Macchiato sendiri biasanya diminum tanpa pemanis, kecuali memang anda memintanya untuk dibuat menjadi manis.

Ini menjadi minuman yang baik bagi mereka yang menyukai busa padat dan kering tetapi lebih rendah kalori dibandingkan cappucinno.

Meskipun namanya terdapat unsur 'karamel', nyatanya jenis minuman kopi ini menggunakan bahan yang berbeda dengan caramel latte.

Caramel macchiato memakai pemanis sirup vanilla bukan sirup karamel. Minuman ini dibuat seperti latte yang 'terbalik' yaitu susu steam dituang ke dalam cangkir setelah sirup vanilla, barulah espresso dan busa susu dituangkan paling terakhir.

Unsur karamel pada caramel machiatto hanya terdapat pada saus di atasnya. Saus karamel akan dituang paling atas agar rasanya menjadi seimbang dengan sirup vanilla.



Simak Video "Bikin Laper: Pizza dan Pasta yang Bikin Nafsu Makan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT