ADVERTISEMENT

5 Telur Termahal di Dunia dan Mengapa Harganya Selangit

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 20 Jul 2022 18:30 WIB
5 Telur Termahal di Dunia dan Mengapa Harganya Selangit
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanrawee Jinpanich
Jakarta -

Selain telur ayam dan bebek, ada beberapa jenis telur lain yang layak dicoba. Lima telur termahal di dunia ini, misalnya, punya kualitas dan harga istimewa. Apa saja ya?

Telur adalah sumber protein andalan banyak orang di dunia. Rasanya enak dan mudah diolah. Kamu bisa membuat telur menjadi beragam hidangan enak, baik gurih maupun manis.

Dari sisi nutrisi, telur juga terbilang cukup komplet. Di dalamnya tak hanya terkandung protein, tapi juga kalsium dan vitamin D yang punya segudang manfaat untuk tubuh.

Mengenai jenisnya, telur ayam adalah yang paling banyak dikonsumsi. Belum banyak orang tahu telur dari unggas lain. Beberapa di antaranya bahkan terkenal sebagai telur istimewa dengan harga selangit.

Mengutip Times of India (17/7) dan beberapa sumber lain, inilah 5 telur termahal di dunia beserta keistimewaannya:

1. Telur burung camar

5 Telur Termahal di Dunia dan Mengapa Harganya SelangitFoto: Getty Images/iStockphoto/Kanrawee Jinpanich

Burung camar menghasilkan telur yang begitu diincar warga Inggris. Saking sukanya telur burung camar, stok telur ini seolah tak pernah bisa memenuhi keinginan pasar di sana.

Telur burung camar terbilang komoditas langka. Dalam 4 tahun, telur ini hanya tersedia 4 minggu. Tak heran kalau harganya mahal. Per butirnya bisa mencapai Rp 150 ribuan.

Telur burung camar konon punya rasa yang sangat kaya. Cita rasanya tercecap maksimal saat telur ini direbus. Cara pengolahannya unik dimana setelah direbus, telur burung camar disarankan dimasukkan ke dalam air dingin.

Dalam mengumpulkan telur ini juga tak sembarangan. Pengepul kabarnya harus punya lisensi khusus mengingat keahlian spesifik yang dibutuhkan untuk memanen telur-telur ini.

2. Telur puyuh

5 Telur Termahal di Dunia dan Mengapa Harganya SelangitFoto: Getty Images/iStockphoto/Kanrawee Jinpanich

Telur termahal di dunia selanjutnya adalah telur puyuh yang berasal dari burung puyuh (quail). Bentuknya kecil, namun harganya mahal sekitar Rp 75 ribu per 12 butir di luar negeri. Banyak orang mengincar telur ini karena khasiatnya yang sangat kaya.

Jika di Indonesia, harganya masih cukup terjangkau. Di Jakarta pada hari ini (20/7), harga per kilogram telur puyuh sekitar Rp 36.000 per kg.

Telur puyuh disukai karena rasanya yang tak jauh beda dari telur ayam. Mengolahnya juga bisa dengan banyak cara seperti direbus, diorak-arik, atau bahkan dibikin acar.

Mengenai nutrisi, telur puyuh tak kalah hebat dari telur ayam. Satu porsi telur puyuh (5 butir) mengandung 6 gram protein dan 71 kalori. Jumlah ini kira-kira setara dengan asupan 1 telur ayam. Namun waspadai kandungan kolesterolnya.

Mengutip Klik Dokter, dalam 100 gram telur puyuh terdapat sebanyak 844 miligram kolesterol. Sementara itu, dalam 100 gram telur ayam hanya terdapat 372 miligram kolesterol.

3. Telur emu

5 Telur Termahal di Dunia dan Mengapa Harganya SelangitFoto: Getty Images/iStockphoto/Kanrawee Jinpanich

Warnanya unik, inilah telur burung emu yang juga tergolong telur termahal di dunia. Harganya bisa mencapai Rp 375 ribu per butir! Telur ini langsung mencuri perhatian karena ukurannya yang jumbo.

Mengenai perbandingan, 1 butir telur emu kira-kira setara dengan 12 atau 15 butir telur ayam. Telur ini mahal karena burung emu juga tergolong unggas yang jumlahnya sedikit di dunia dibanding ayam atau bebek.

Telur ini jadi makanan favorit orang-orang Australia. Biasanya diolah jadi omelette yang bisa dikonsumsi oleh banyak orang sekaligus. Telur ini mengandung 50% bagian putih telur dan 50% kuning telur.

Lihat lagi daftar telur termahal di dunia di halaman selanjutnya.



Simak Video "Masak Masak: Telur Gulung Keju Sehat Bergizi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT