ADVERTISEMENT

Restoran Michelin Termahal di Dunia Patok Harga hingga Rp 8 Juta per Menu

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 31 Mei 2022 17:30 WIB
Restoran Michelin Termahal di Dunia Patok Harga hingga Rp 8 Juta per Menu
Foto: MSN News
Jakarta -

Penghargaan Michelin-star menjadi yang paling bergengsi dalam industri kuliner. Bahkan ada restoran Michelin-star yang dinobatkan sebagai restoran termahal di dunia.

Tidak hanya penghargaan untuk tokoh-tokoh saja, di dunia ini ada juga penghargaan yang diberikan untuk restoran dengan kriteria tertentu. Dikenal dengan nama Michelin-star, penghargaan ini baru bisa didapatkan setelah sebuah restoran memenuhi standar syarat restoran yang telah ditetapkan pihak Michelin Guide.

Perlu diketahui bahwa penghargaan Michelin-star ini bukan dikeluarkan oleh suatu organisasi kuliner melainkan oleh sebuah perusahaan ban kendaraan dengan nama serupa. Dalam perkembangannya, penghargaan ini justru menjadi sebuah acuan untuk menentukan restoran terbaik di dunia.

Banyak chef sekaligus pemilik atau pengelola restoran terkenal berlomba-lomba untuk mendapatkan penghargaan tersebut demi meningkatkan citra mereka. Sebut saja Gordon Ramsay dan beberapa chef yang ahli di bidangnya.

Restoran Michelin Termahal di Dunia Patok Harga hingga Rp 8 Juta per MenuBeberapa restoran peraih penghargaan Michelin Three-star dinobatkan sebagai yang termahal di dunia dengan menunya yang istimewa. Foto: MSN News

Mengutip MSN News (30/5) restoran dengan penghargaan Michelin-star tersebar di lebih dari 30 negara. Ada tiga jenis penghargaan yang diberikan untuk setiap restoran dengan kategori tertentu. Bintang satu untuk restoran terbaik di antara jenis hidangannya, bintang dua diberikan untuk restoran yang dinilai memberikan pengalaman terbaik, dan bintang tiga untuk restoran paling berkualitas dan biasanya sangat mahal.

Setidaknya ada tujuh restoran dalam urutan teratas yang dinobatkan sebagai restoran Michelin Three-star termahal di dunia. Harga rata-rata makanan yang disajikan di restoran-restoran tersebut berada pada kisaran Rp 5,2 juta hingga Rp 8 juta hanya untuk makanannya saja.

Menu-menu di restoran ini dikatakan menggunakan bahan-bahan premium seperti caviar, foie gras, truffle, lobster dan berbagai menu lain. Di Norwegia, ada sebuah restoran Michelin Three-star bernama Maeemo yang mematok harga Rp 6,1 juta per tamu untuk bisa mencicipi menu khususnya.

Selain di Norwegia, sebuah restoran di Madrid, Spanyol juga terkenal dengan hidangan daging babinya. Restoran ini mematok harga untuk seporsi daging babinya senilai Rp 5,6 juta.

Restoran Michelin Termahal di Dunia Patok Harga hingga Rp 8 Juta per MenuBahkan ada sepotong sashimi yang dibanderol mencapai Rp 7,4 juta. Foto: MSN News

Di Amerika Serikat ada restoran bernama Chef's Table at Brooklyn Fare yang punya sajian dengan campuran caviar yang melimpah. Untuk bisa makan di sini, tamu yang datang harus merogoh kocek minimal Rp 6,2 juta.

Tidak mau kalah dengan negara lainnya, sebuah restoran di Jepang bernama Kitcho Arashiyama juga mendapatkan penghargaan Michelin three-star melalui hidangan sasihiminya. Untuk sepotong daging ikan segar yang disajikan bersama wasabi, jahe parut dan tiga jenis bumbu celupan harganya dibanderol hingga Rp 7,4 juta.

Restoran bernama Arpege yang berada di Paris ternyata juga menjadi salah satu perwakilan asal Perancis yang mendapatkan gelar Michelin Three-star. Penghargaan ini diberikan atas sebuah menu yang terbuat dari sebutir telur tetapi harganya dipatok mencapai Rp 7,5 juta.

Ada dalam peringkat 16 restoran Michelin Three-star termahal, restoran bernama Guy Savoy di Perancis ini juga menyusul Arpege dengan hidangannya yang mewah. Sajian unik, seolah makanannya dihidangkan di atas busa yang lembut. Harganya capai Rp 8,1 juta.



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Mie Bakar Andaliman yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT