Efek Flu Burung, Foie Gras Semakin Mahal dan Langka

Devi Setya - detikFood Rabu, 11 Mei 2022 13:00 WIB
Sisca Kohl Dikritik karena Makan Foie Gras, Ini 5 Fakta Produksi Foie Gras Foto: iStock
Jakarta -

Foie gras atau hati angsa terkenal sebagai salah satu makanan termahal. Kini keberadaannya semakin langka setelah isu flu burung merebak.

Hanya segelintir orang yang bisa menikmati foie gras karena makanan ini termasuk salah satu makanan mahal. Foie gras biasanya jadi hidangan spesial di restoran Prancis.

Kini tampaknya foie gras akan semakin mahal dan langka pasca merebaknya isu flu burung. Dikabarkan Food and Wine (10/5) beberapa restoran di Prancis sudah mulai kesulitan mendapatkan stok foie gras.

5 Fakta Foie Gras, Makanan Sisca Kohl yang Mewah dan MahalFoie gras, hati angsa yang harganya mahal Foto: iStock

Awal tahun 2022 ini, USDA mengkonfirmasi kasus flu burung banyak ditemukan di Amerika Serikat. Virus H5N8 ini juga menyebar di Prancis, akibatnya banyak produsen foie gras memutuskan untuk melakukan pemusnahan angsa untuk menghindari wabah ini.

Tetapi upaya untuk mengendalikan virus tidak seefektif yang diharapkan, sekarang Prancis dilaporkan menghadapi kekurangan foie gras.

Kementerian Pertanian Prancis mengatakan para peternak unggas telah memusnahkan lebih dari 16 juta unggas, termasuk angsa, sejak November 2021. Secara nasional, Prancis kekurangan pasokan foie gras hingga 50 persen. Bahkan secara global, produksi foie gras pun menurun drastis.

"Jumlah (unggas yang dimusnahkan) ini belum pernah terjadi sebelumnya di Prancis," ujar Marie-Pierre Pe, direktur kelompok perdagangan produsen foie gras Prancis.

Pasokan foie gras yang menipis ini pun berdampak pada menu makanan di restoran. Hal ini bisa dilihat di restoran Le 1862, sebuah restoran berbintang Michelin di Les Eyzies yang kekurangan stok foie gras.

"Sudah sebulan, kami memiliki sedikit foie gras dan minggu ini kami sama sekali tidak mendapatkannya," kata koki dan pemilik resto, Pascal Lombard, kepada CNN.

Karena menjadi komoditas langka, beberapa restoran memiliki trik tersendiri untuk menyajikan hati angsa yang bertekstur lembut ini. Para chef mengaku mengurangi porsi foie gras pada makanan.

"Pastinya porsinya akan lebih kecil. Ini untuk menyiasati agar seluruh pelanggan bisa menikmati foie gras," ujar seorang chef.

Untuk pasokan foie gras di Prancis, sebanyak 98 persen atau sekitar 500.000 foie gras berasal dari Amerika.

Sisca Kohl Dikritik karena Makan Foie Gras, Ini 5 Fakta Produksi Foie GrasHidangan yang dibuat menggunakan foie gras Foto: iStock

Foie gras sendiri memiliki banyak penggemar karena rasanya yang gurih dan sangat berlemak. Tekstur foie gras yang halus dan lembut ini biasa dijadikan hidangan utama ataupun topping pada aneka makanan.

Perlu diketahui bahwa foie gras bukan berasal dari hati angsa biasa, melainkan hati angsa yang sudah digemukkan dengan teknik khusus. Karenanya foie gras dalam bahasa Prancis artinya 'hati gemuk'.

Foie gras ini dikenal sebagai salah satu makanan mewah di dunia. Harga yang dibanderol untuk seporsi foie gras pun terbilang tinggi, berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu.



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com