ADVERTISEMENT

Miris! Resto Mewah Ini Justru Dapat Peringkat Kebersihan Terburuk

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 20 Jul 2022 19:00 WIB
Restoan milik chef selebriti ini ternyata punya kebersihan makanan nol
Foto: getsurrey.co.uk / CHRISTY O'BRIEN
Jakarta -

Restoran mewah milik chef selebriti ini memang menyediakan menu mahal, di atas Rp 700 ribu. Tapi sangat disayangkan ternyata tingkat kebersihan makanannya dinilai paling buruk!

Restoran kelas atas identik dengan makanannya yang mewah. Tak hanya pelayanan dan fasilitasnya yang baik, tetapi biasanya hidangan yang disajikan juga terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Tak heran jika restoran ini menjual menunya mahal.

Namun baru saja terungkap jika ada salah satu restoran milik chef selebriti yang ternyata memiliki kebersihan makanan yang sangat rendah. Bahkan tingkat kebersihannya diberi peringkat nol oleh petugas yang memeriksa.

Restoan milik chef selebriti ini ternyata punya kebersihan makanan nolSalah satu restoran milik chef selebriti yang ternyata memiliki kebersihan makanan yang sangat rendah. Foto: getsurrey.co.uk / CHRISTY O'BRIEN

Restoran itu bernama Ranmore di Reigate, Inggris. Restoran ini dikenal milik chef selebriti Tony Tobin.

Melansir getsurrey.co.uk (19/07), tahun ini Ranmore menerima peringkat kebersihan makanan paling rendah setelah diperiksa oleh pihak pengawas keamanan makanan pada 22 Mei.

Selama menjalankan inspeksi, pihak pengawas menemukan berbagai bahan makanan yang tak layak. Restoran yang disebut 'mewah' ini ternyata memiliki ham, roti, dan sayuran berjamur di dapurnya.

Dalam laporan yang disusun oleh Reigate dan Dewan Borough Banstead, mereka juga menemukan banyak masalah kebersihan mulai dari masalah dapur hingga peralatannya.

Restoan milik chef selebriti ini ternyata punya kebersihan makanan nolRestoran yang disebut 'mewah' ini ternyata memiliki ham, roti, dan sayuran berjamur di dapurnya. Bahkan wortel milik mereka pun tampak busuk. Foto: getsurrey.co.uk / CHRISTY O'BRIEN

Karena penilaian yang rendah ini, akhirnya restoran milik chef Tony Tobin itu mengajukan permohonan skor ulang. Ajuan ini diperbolehkan asalkan restoran itu mampu memenuhi persyaratan.

Laporan itu menyatakan bahwa restoran harus melakukan pemeriksaan lengkap terhadap semua produk makanan dan membuang semua barang di luar rak.

Untuk memudahkan pengecekan dan menghindari segala produk kedaluwarsa, ke depannya restoran mewah ini juga perlu untuk melakukan pemeriksaan secara rutin sehingga segala produk kedaluwarsa bisa segera disingkirkan.

Selain makanan berjamur, pihak pengawas juga mendapati restoran ini salah dalam menyimpan daging mentah. Daging mentah disimpan di sebelah makanan siap saji.

Ini tentu tidak boleh dilakukan karena dapat mengakibatkan kontaminasi silang bakteri patogen dari daging mentah ke makanan siap saji itu. Bukan tidak mungkin kondisi ini sebabkan keracunan makanan.

Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa restoran tidak memiliki prosedur operasional kebersihan yang baik. Seharusnya restoran berkelas mampu memahami risiko terkait kontaminasi agar hidangan pelanggan aman.

Ternyata kemewahan sebuah restoran tidak menjamin bahwa restoran itu memiliki sistem keamanan pangan yang layak. Restoran kelas atas juga mungkin menerapkan prosedur yang salah dan kebersihan makanannya kurang layak.



Simak Video "Sensasi Makan di Resto Indoor Mewah Berhias Taman Indah"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT