ADVERTISEMENT

Legit Creamy Durian

5 Durian Unik Indonesia, Durian Gundul hingga Durian Pelangi

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 19 Jul 2022 12:30 WIB
5 Durian Unik Indonesia, Durian Gundul hingga Durian Pelangi
Foto: Kementan
Jakarta -

Di Indonesia ada banyak jenis durian. Beberapa di antaranya bahkan unik karena daging buahnya berwarna oranye terang, kulitnya tidak berduri, hingga punya warna cantik seperti pelangi.

Penggemar durian perlu tahu varietas durian-durian unik di Indonesia. Keunikan ini terletak pada tampilan durian, baik kulit, bagian biji, maupun warna daging buahnya. Rasanya tak kalah istimewa dibanding varietas durian populer lainnya.

Sebut saja durian merah dari Banyuwangi yang sudah begitu terkenal. Warna merahnya didapat dari kekayaan unsur hara tempat durian itu tumbuh.

Selain itu ada buah yang menyerupai durian asal Kalimantan, buah lai. Tak ketinggalan durian pelangi asal Manokwari yang menghadirkan daging buah berwarna merah dan kuning yang begitu cantik.

Berikut 5 durian unik dari Indonesia:

1. Buah lai

5 Durian Unik Indonesia, Durian Gundul hingga Durian PelangiFoto: detikfood

Dari Kalimantan ada durian unik yang daging buahnya berwarna oranye terang. Nama populernya juga tidak membawa unsur nama durian, tetapi buah lai. Meski begitu, buah eksotis ini juga kerap disebut durian tinggang, durian pulu, atau sekawi.

Buah lai tergolong sulit didapat di Jakarta karena memang pasokannya dari Kalimantan sedikit dan tidak tentu. Namun kalau mau berburu, bisa beli buah lai di situs belanja online dengan harga Rp 30 ribuan per butir.

Tampilan buah lai sekilas memang mirip durian, namun ukurannya lebih kecil dan durinya tidak tajam. Aromanya harum, namun tak menyengat seperti durian kebanyakan.

Daging buahnya berwarna oranye cerah dengan tekstur tebal. Rasanya manis enak dengan tekstur lebih lembut dan creamy dibanding durian pada umumnya.

Baca Juga: Berburu Buah Lai di Jakarta, Durian Oranye yang Enak dan Kaya Manfaat

2. Durian gundul

5 Durian Unik Indonesia, Durian Gundul hingga Durian PelangiFoto: Mashable

Durian identik dengan durinya yang tajam, tapi tidak dengan durian gundul yang permukaannya benar-benar tanpa duri tajam! Disebut gundul atau botak, karena permukaanya memang halus.

Sekilas tampilannya mirip buah sukun dengan ukuran sebesar buah melon. Durian gundul bisa ditemui di kawasan Lombok. Durian ini merupakan hasil eksperimen yang dilakukan oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSBP) selama 12 tahun.

Sebelumnya durian gundul juga pernah ada di Filipina. Soal rasa, durian ini konon memiliki daging buah yang enak dan manis, sama seperti durian berkualitas pada umumnya.

Baca Juga: Unik! Durian Gundul Berhasil Dipetik Setelah Eksperimen 12 Tahun

3. Durian merah

5 Durian Unik Indonesia, Durian Gundul hingga Durian PelangiFoto: TikTok @sfiqah42

Di Banyuwangi ada durian merah yang terkenal dimana daging buahnya benar-benar berwarna merah. Durian ini tumbuh di 5 kecamatan yaitu Kalipuro, Glagah, Songgon, Licin, dan Kecamatan Giri. Durian merah bisa tumbuh subur di sana karena tanahnya memiliki unsur hara yang istimewa.

Selain itu, temuan durian merah juga sempat menghebohkan warga Malaysia. Durian di daerah Sabah ini punya daging buah warna merah segar, mirip daging.

Netizen yang menemukannya bilang kalau durian ini cukup langka. Harganya yang lebih mahal dari durian kebanyakan seolah sebanding dengan cita rasa durian ini yang kabarnya lebih enak dan legit dari durian populer lainnya.

Baca Juga: Mirip Daging Segar, Durian Merah Ini Bikin Orang Penasaran Rasanya

Baca lagi informasi soal durian unik Indonesia di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT