Berburu Buah Lai di Jakarta, Durian Oranye yang Enak dan Kaya Manfaat

Devi Setya - detikFood Sabtu, 11 Sep 2021 14:00 WIB
Berburu Buah Lai di Jakarta, Durian Oranye yang Enak dan Kaya Manfaat Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Buah lai tengah naik daun, di Jakarta durian oranye ini sedang viral dan banyak dicari. Seperti apa rasa buah eksotis asal Kalimantan ini?

Buah lai atau biasa disebut juga dengan durian oranye termasuk salah satu buah eksotis asal Indonesia, tepatnya dari Kalimantan. Oleh masyarakat sekitar, buah yang masih satu kerabat dengan durian ini dikenal dengan sebutan durian tinggang, durian pulu atau sekawi.

Buah lai bukanlah buah asing di Kalimantan, pohonnya banyak tumbuh di hutan sehingga tak sulit mendapatkannya. Lain halnya kalau di Jakarta, buah lai terbilang cukup sulit didapat.

Berburu Buah Lai di Jakarta, Durian Oranye yang Enak dan Kaya ManfaatBerburu Buah Lai di Jakarta, Durian Oranye yang Enak dan Kaya Manfaat Foto: detikFood/Devi S. Lestari

DetikFood beberapa waktu lalu sempat melihat buah lai di pusat penjualan durian di Kalibata namun ketersediaannya tidak banyak, itupun hanya ada sesekali saja. Seorang penjual bernama Adit mengatakan buah lai sulit didapat, pemasoknya hanya mengirim dalam jumlah sedikit.

"Nggak setiap hari ada, apalagi rebutan kalau di Jakarta. Dikirimnya (dari Kalimantan) nggak banyak jadi nggak bisa dipastikan kapan adanya," kata Adit kepada detikcom (6/9).

Karena penasaran, kami akhirnya mencari lewat toko online. Salah satu e-commerce menjual buah lai segar. Ada yang dalam bentuk utuh dan kupasan. Kami langsung saja melakukan pemesanan.

Untuk harganya beragam mulai dari Rp 30 ribuan per butir. Sementara di Pontianak, buah ini harganya sekitar Rp 10.000 per butir bahkan kadang dijadikan bonus saat makan durian. Buah lai yang kami pesan dikirim di hari yang sama untuk memastikan kesegarannya.

Berburu Buah Lai di Jakarta, Durian Oranye yang Enak dan Kaya ManfaatBerburu Buah Lai di Jakarta, Durian Oranye yang Enak dan Kaya Manfaat Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Buah dengan nama latin Durio kutejensis ini sekilas memang mirip durian, namun ukurannya lebih kecil dan durinya tidak tajam. Satu butir buah lai tampaknya memiliki berat kurang lebih 1 kilogram. Untuk aromanya juga harum seperti durian tapi tidak menyengat.

Buah lai yang kami beli ini memiliki warna daging oranye cerah, daging buahnya tampak tebal. Setiap rongga buah terdapat satu hingga dua biji buah ukuran kecil.

Untungnya kami mendapat buah yang sudah matang jadi rasanya manis enak. Untuk teksturnya mirip durian namun lebih lembut creamy dan tidak berserat banyak.

Sama seperti durian, mencari buah lai yang enak memang susah-susah gampang, buah masak pohon dijamin enak. Tapi tak sedikit juga buah karbitan yang membuat rasanya hambar dan tak enak.

Bukan hanya unik, buah lai juga ternyata kaya manfaat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah lai:

1. Kandungan buah lai

Buah lai memiliki kandungan gizi yang cukup kompleks mulai dari karbohidrat, lemak, vitamin C, protein dan gula buah. Kandungan air pada buah lai tidak terlalu tinggi yakni 58,75%. Buah ini terbilang lebih lembab dibandingkan durian.

Gula pada buah lai juga lebih rendah dibandingkan durian. Gula total di dalam buah lai yaitu sebesar 4,59% sedangkan durian memiliki kadar gula sebesar 20,54%. Tak heran kalau rasanya tidak terlalu manis.

Buah lai mengandung 1,95% lemak sementara kandungan karbohidratnya sejumlah 35,69%. Buah lai juga memiliki kandungan vitamin C yaitu sebesar 0,03%.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Santai Minum Coffee Moctail dengan Iringan Musik Jazz di Depok"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com