Mirip Daging Segar, Durian Merah Ini Bikin Orang Penasaran Rasanya

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 14:30 WIB
Mirip Daging Segar, Durian Merah Ini Bikin Orang Penasaran Rasanya Foto: TikTok
Jakarta -

Durian ini berwarna merah pekat seperti darah. Durian yang satu ini sukses bikin banyak orang penasaran akan rasanya, karena mirip dengan potongan daging segar.

Musim durian, jadi momen para penggemar durian untuk berburu buah berduri tajam yang memiliki aroma menyengat ini. Tak hanya di Indonesia saja, demam durian juga terjadi di Malaysia, salah satunya di wilayah Kedah.

Baru-baru ini pengguna TikTok @sfiqah42 (28/07), membagikan koleksi durian unik yang ia temukan. Durian ini sekilas tampak sama dengan jenis durian lainnya, tapi ketikakulitnya dibelah terlihat daging durian berwarna merah pekat seperti potongan daging sapi yang masih segar.

Tak hanya bagian buahnya, tekstur creamy dari daging buah durian tersebut juga berwarna merah kental seperti darah.

"Banyak orang kaget melihat durian yang satu ini. Oke guys ini namanya durian merah, biasanya ditemukan di daerah Sabah. Cukup langka, karena dalam setahun durian merah hanya musim sebanyak sekali atau dua kali. Harganya juga lebih mahal dari durian biasa," jelas Fiqah.

Mirip Daging Segar, Durian Merah Ini Bikin Orang Penasaran RasanyaMirip Daging Segar, Durian Merah Ini Bikin Orang Penasaran Rasanya Foto: TikTok

Meski langka dan tampilan buahnya menyeramkan karena seperti berlumuran darah. Banyak orang yang memuji rasa durian ini karena lebih enak dan legit dibandingkan jenis durian lainnya. Seperti Musang King, IOI, Udang Merah hingga D24.

Baca Juga: Cicip Durian Musang King di Malaysia, Wanita Jepang Ini Jadi Ketagihan

Hal serupa juga dituliskan oleh ratusan netizen di kolom komentar yang pernah mencicipi buah durian merah langka ini.

"Serius nih, rasa dari durian merah itu enak banget. Aroma durian merah ini beda sekali dari durian yang biasa kita makan," komen salah satu netizen yang sudah pernah mencobanya.

"Banyak juga yang tahu durian merah ini justru dari serial animasi Upin & Ipin. Karena di serial itu karakter Opet pernah makan durian merah ini," tulis netizen lainnya.

Mirip Daging Segar, Durian Merah Ini Bikin Orang Penasaran RasanyaMirip Daging Segar, Durian Merah Ini Bikin Orang Penasaran Rasanya Foto: TikTok

"Pertama kali lihat saya kira gumpalan darah. Lalu lihat lagi malah ingat sambal, setelah baca penjelasan di video baru sadar itu buah durian merah," tutur netizen.

Selain di Sabah, durian merah ini bisa ditemukan di daerah Serawak meski harganya cukup mahal di atas rata-rata.

Hingga sekarang video durian merah milik Fiqah sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali, dan disukai lebih dari 90 ribu pengguna.

Di Banyuwangi juga ada durian merah meskipun tidak pekat warnanya tetapi rasanya manis creamy dan hanya ada saat musim durian. Di Kalimantan juga ada durian merah yang tak kalah terkenal. Buah durian yang satu ini punya warna merah merona, meski ukurannya lebih kecil dibandingkan durian lainnya.

Baca Juga: Buah Eksotis dari Pedalaman Kalimantan, Ada Durian Merah



Simak Video "Bikin Laper: Pesta Durian Musang King Harga Ratusan Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com