Biar Tak Salah Pesan, Kenali 7 Minuman Kopi Populer dan Komposisinya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Biar Tak Salah Pesan, Kenali 7 Minuman Kopi Populer dan Komposisinya

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 18 Jul 2022 08:00 WIB
Biar Tak Salah Pesan, Kenali 7 Minuman Kopi Populer dan Komposisinya
Foto: Getty Images/iStockphoto/strekozza77

4. Macchiato

Macchiato merupakan menu kopi yang biasanya disajikan dalam ukuran kecil. Hal ini lantaran macchiato hanya terbuat dari 1 shot espresso dan buih susu.

Macchiato disajikan pada ukuran 59 militer dan disajikan selagi hangat. Rasanya disebutkan hampir mirip dengan cappucino hanya saja tidak terlalu kuat rasa kopinya karena penggunaan buih susu yang banyak.

5. Americano

Sesuai dengan namanya, menu kopi yang satu ini dipercaya datang dari kebiasaan para tentara Amerika Serikat saat perang dunia kedua. Untuk mendapatkan menu kopi yang satu ini espresso akan dicampur dengan air hangat hingga memenuhi gelas berukuran 227 militer.

Americano tidak menggunakan campuran susu atau yang lainnya sama sekali. Sehingga rasanya akan pahit tanpa konsistensi yang creamy. Tetapi karena sudah dicairkan dengan air panas rasa kopi americano tidak akan sekuat espresso.

Biar Tak Salah Pesan, Kenali 7 Minuman Kopi Populer dan KomposisinyaMenggunakan campuran cokelat membuat mocha latte memiliki rasa yang unik. Foto: Getty Images/iStockphoto/strekozza77

6. Mocha Latte

Mocha latte atau juga dikenal dengan sebutan moccachino merupakan perpaduan antara kopi, susu dan cokelat. Komposisi tersebut menghasilkan secangkir kopi yang kuat, pahit tetapi creamy konsistensinya.

Biasanya mocha latte juga disajikan dengan tambahan whipped cream di bagian atasnya. Ukuran standar yang digunakan untuk menyajikan mocha latte ini berkisar pada 227 mililiter hingga 341 mililiter.

7. Flat White

Jika menu-menu kopi yang sebelumnya begitu digemari oleh penduduk Italia, berbeda dengan flat white. Flat white konon disebut-sebut sebagai minuman favorit penduduk Inggris karena rasanya yang kuat tetapi tetap creamy.

Flat white dibuat dari 2 shot espresso dengan susu hangat tanpa buih susu di bagian atasnya. Komposisi seperti ini membuat rasa espressonya tetap dominan ditambah dengan aroma susu hangat yang wangi membuat pengalaman ngopi menjadi lebih menyenangkan.


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT