ADVERTISEMENT

Legit Creamy Durian

Minum Air di Kulit Durian Bisa Hilangkan Efek Mabuk Durian, Benarkah?

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 17 Jul 2022 17:00 WIB
Minum air pakai wadah kuilt durian
Foto: iStock
Jakarta -

Makan durian terlalu banyak bisa menimbulkan beberapa efek samping. Konon, untuk menghilangkan efek tersebut, perlu minum air pakai wadah kulit durian. Mitos atau fakta?

Penikmat durian pasti sudah tak asing lagi dengan anggapan bahwa minum air pakai wadah kulit durian bisa menghilangkan efek samping makan durian. Anggapan itu pun banyak dipercayai orang.

Tak hanya di Indonesia saja, tetapi juga Malaysia. Minum air pakai wadah kulit durian diyakini bisa mendinginkan efek mabuk dan menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut.

Namun, anggapan tersebut dibantah oleh Alif, seorang penikmat durian sekaligus Direktur Utama Durian Traveler. Menurutnya, minum air pakai wadah kulit durian hanyalah mitos belaka.

Baca Juga: Toko Online Ini Jual Kulit Durian Tajam Buat Alat Para Istri Hukum Suami

Minum air pakai wadah kuilt durian Minum air pakai wadah kulit durian diyakini bisa mendinginkan efek mabuk Foto: iStock

"Minum air pakai kulit durian gak ada efek apa-apa. Jadi, mohon maaf, ini menurut pendapat saya itu mungkin sugesti. Kalau buat saya pribadi dan teman-teman dari kalangan pecinta durian gak ada efek," tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Fikri, Pemilik Kang Duren. Menurutnya, minum air pakai wadah kulit durian hanya sebuah praktik tradisi.

"Bagi yang percaya mungkin itu berhasil, tapi kalau yang gak percaya ya ga akan berhasil. Itu aku kategorikan sebagai tradisi masyarakat aja sih," tuturnya.

Alih-alih minum air pakai wadah kulit durian, Alif memiliki tips khusus untuk menghindari beberapa efek samping usai makan durian. "Efek itu kan ditimbulkan kalau makan berlebihan," ujarnya.

Baca Juga: Ajib! Dodol Betawi Otentik Buatan Bang Rizal Bisa Dicicip di PRJ

Minum air pakai wadah kuilt durianAlif menyarankan untuk tidak langsung minum setelah makan durian Foto: iStock

Alif menyarankan untuk tidak langsung minum setelah makan durian. Menurutnya, hal tersebut bisa menyebabkan perut terasa begah. Mengingat durian juga memiliki banyak kandungan gas.

"Karena durian banyak kandungan gasnya, sehingga normal juga terjadi over sendawa," ujar Alif.

Kemudian, baru sebaiknya minum setelah 10-15 menit setelah mengonsumsi durian. Dan minumnya pun harus bertahap, tidak langsung banyak. "Ini agar gak kembung dan sendawa," lanjut Alif.

Sebenarnya, durian lebih banyak memberikan manfaat dibandingkan efek samping, asalkan tidak dimakan berlebihan. Lalu untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu, bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi dulu sebelum santap durian.

Baca Juga: Cukup Bayar Rp 828 Ribu Bisa Makan Durian Premium AYCE Sampai Mabuk



Simak Video "Berburu Durian Sultan di Kawasan BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT