Durian Tai Babi Harganya Rp 600 Ribu per Kilogram, Seperti Ini Rasanya

ADVERTISEMENT

Legit Creamy Durian

Durian Tai Babi Harganya Rp 600 Ribu per Kilogram, Seperti Ini Rasanya

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 15 Jul 2022 16:00 WIB
Durian Tai Babi
Foto: detikcom
Jakarta -

Indonesia memiliki banyak varietas durian di setiap daerahnya. Salah satunya ada durian Tai Babi yang harganya mencapai Rp 600 per kilogram.

Durian merupakan buah tropis yang memiliki aroma tajam. Buah yang dijuluki sebagai King of Fruit ini begitu digandrungi banyak orang, terutama orang-orang Asia seperti Indonesia misalnya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki varietas durian dengan ciri khasnya masing-masing. Di Kepulauan Bangka Belitung, ada durian unik yang dikenal dengan nama Tai Babi.

Mungkin namanya sedikit ngeri, tetapi jenis durian tersebut memiliki karakteristik rasa yang manis dan legit. Karena masih terbilang langka, harganya per kilogramnya pun sangat fantastis.

Berikut ini 4 fakta unik durian Tai Babi khas Bangka Belitung:

1. Alasan Dinamai Durian 'Tai Babi'

Durian Tai BabiDurian ini terdaftar sebagai durian Namlung, tetapi masyarakat ada juga yang menyebutkan sebagai durian Cumasi dan Tai Babi. Foto: detikcom

Durian dari Bangka Belitung ini dikenal memiliki tiga nama. Durian ini terdaftar sebagai durian Namlung, tetapi masyarakat ada juga yang menyebutkan sebagai durian Cumasi dan Tai Babi.

Penamaan Tai Babi pada durian ini cukup menarik perhatian. Ada cerita menarik, mengapa durian ini dinamakan demikian. Konon, dulu bibit durian ini ditanam di dekat kandang babi dan tumbuh sangat subur. Karenanya buahnya disebut durian tai babi.

Baca Juga: Istimewa! Durian Kampung Organik Jepara yang Manis Pahit Ini Jadi Incaran

2. Karakteristik Durian Tai Babi

Durian Tai BabiKarakteristik rasa durian Tai Babi adalah manis, legit dan agak pahit. Selain itu, dagingnya tebal, lembut dan berserat halus. Foto: detikcom

Durian Tai Babi memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama dengan jenis durian pada umumnya. Daging buahnya memiliki warna kuning pucat.

Menurut Alif, Direktur Utama Durian Traveler, durian ini bukan jenis durian yang memiliki warna yang kuat, tetapi durian ini dikenal dengan karakter aroma dan rasa yang kuat.

Karakteristik rasanya manis, legit dan agak pahit. Selain itu, dagingnya tebal, lembut dan berserat halus.

Baca Juga: Cukup Bayar Rp 828 Ribu Bisa Makan Durian Premium AYCE Sampai Mabuk



Simak Video "Berburu Durian Sultan di Kawasan BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT